15 Negara Termurah untuk Pensiun Ekspatriat, Ada Tetangga Serumpun Indonesia

Kamis, 15 Juni 2023 - 18:32 WIB
loading...
A A A
Rata-rata ekspatriat harus mengeluarkan uang USD1.200 hingga 1.500 per bulan untuk belanja mereka. Selain itu tinggal di sini 39,4% lebih murah daripada di iklim Mediterania AS, kedekatan dengan negara-negara Eropa, dan iklim yang bersih adalah alasan utama untuk pindah ke Kroasia

14. Portugal

Indeks Biaya Hidup: 45,3

Portugal menjadi negara tujuan bagi orang asing yang ingin pensiun dengan berkualitas. Selain karena biaya hidup yang murah, kualitas hidup yang tinggi serta iklim hangat menjadi salah satu alasan para pensiunan memilih negara ini.

Wilayah paling populer adalah Alvare, dimana tercatat ada 100.000 pensiunan di kota tersebut. Dengan kota yang indah dan pantai yang menakjubkan, orang asing dapat menikmati biaya hidup 37% lebih rendah dan harga konsumen 74,9% lebih rendah daripada di AS.

Layanan kesehatan berkualitas tinggi juga tersedia yang dapat diakses oleh penduduk resmi dengan mendaftar ke Layanan Kesehatan Nasional. Visa Pensiun Portugal juga dapat membantu pensiunan ekspatriat pindah ke negara tersebut.

13. Kamboja

Indeks Biaya Hidup: 44,5

Tergantung pada gaya hidup yang Anda jalankan, namun tinggal di Kamboja membutuhkan rata-rata per bulan sekitar USD1.250. Negara ini mempunyai pantai yang indah, istana kerajaan dan kuil kuno, untuk menjadikannya tujuan pensiun yang menarik.

Pindah ke Kamboja tidak harus merogoh kocek dalam, dengan biaya USD35 untuk visa on arrival. Biaya perpanjangan satu tahun di bawah USD300, dan ekspatriat bisa datang dan pergi sesuka mereka.

Harga konsumen 34% lebih rendah, dan sewa 64% lebih rendah daripada di Amerika Serikat bisa jadi pertimbangan. Perawatan kesehatan di Kamboja cukup baik, dimana banyak orang bepergian ke Thailand, Vietnam, dan bahkan China untuk mencari pengobatan. Gaji juga dikenakan pajak Kamboja sebesar 20%.

12. Slovakia

Indeks Biaya Hidup: 44.2

Slovakia telah menjadi tujuan populer bagi para pensiunan ekspatriat. Selain memiliki biaya hidup murah, ekonomi stabil serta indahnya pemandangan alam menjadi alasan utama negara ini jadi tempat pensiun yang tepat.

Dilaporkan bahwa biaya hidup di Slovakia 54% lebih rendah daripada di AS. Harga perumahan cenderung terjangkau, dan orang-orangnya hangat dan ramah. Perawatan kesehatan di negara ini juga bagus, dan ekspatriat harus berkontribusi pada sistem asuransi nasional agar mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan.

11. Chili

Indeks Biaya Hidup: 44.1

Salah satu negara teraman dan paling stabil secara ekonomi di Amerika Selatan adalah Chili. Biaya hidup rata-rata (tidak termasuk sewa) 42,79% lebih rendah dari AS dengan gaya hidup yang bisa Anda dapatkan di sini hampir sama dengan negara maju. Kota yang bersih, infrastruktur canggih, dan pemerintahan stabil jadi keunggulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)