15 Negara Termurah untuk Pensiun Ekspatriat, Ada Tetangga Serumpun Indonesia

Kamis, 15 Juni 2023 - 18:32 WIB
loading...
A A A
Harga konsumen 52,59% lebih rendah dari AS, sedangkan biaya hidup rata-rata 71% lebih rendah. Warga negara dapat menikmati perawatan kesehatan gratis berdasarkan dana kesehatan nasional, sedangkan pensiunan Amerika juga dapat memperoleh perawatan darurat dan perlindungan medis untuk kondisi sebelumnya. Negara ini memiliki tingkat kejahatan yang rendah dan merupakan negara yang murah untuk ditinggali.

5. Afrika Selatan

Indeks Biaya Hidup: 37,8

Menawarkan daya beli 26,9% lebih tinggi dari Amerika Serikat, Afrika Selatan adalah salah satu negara termurah untuk pensiun. Sewa 87,5% lebih murah, bahan makanan 71% lebih murah, dan barang dan jasa lokal 65,8% lebih murah.

Faktor lain yang menjadikan Afrika Selatan pilihan pensiun yang menjanjikan adalah komunitas ekspatriat berbahasa Inggris, nilai tukar yang menguntungkan, dan iklim sejuk. Tidak ada usia khusus untuk pensiun ke negara tersebut. Skema pensiun luar negeri juga tidak dikenakan pajak oleh pemerintah. Namun, pensiunan harus mengikuti program asuransi kesehatan sebelum pensiun ke negara tersebut.

4. Rumania

Indeks Biaya Hidup: 37,4

Rumania juga menjadi pilihan populer bagi para pensiunan untuk menghabiskan tahun-tahun emas mereka karena biaya hidup yang rendah, kualitas hidup berkualitas, serta kemudahan mendapatkan visa. Biaya hidup di sini 46,9% lebih rendah daripada di AS, dengan biaya hidup rata-rata sekitar USD700.

Satwa liarnya yang spektakuler dan keindahan pemandangan Rumania merupakan pesona tambahan utama bagi pensiunan ekspatriat. Perawatan kesehatan sebagian besar didominasi oleh sektor publik, dengan rumah sakit yang dilengkapi dengan staf profesional.

3. Malaysia

Indeks Biaya Hidup: 35,0

Malaysia punya banyak hal untuk ditawarkan kepada pensiunan ekspatriat daripada sekadar biaya hidup yang murah. Pilihan visa pensiun – Malaysia My Second Home– dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Menampilkan visa multiple entry 10 tahun yang dapat diperpanjang secara otomatis untuk ekspatriat, persyaratan visa masuk juga mudah.

Biaya rata-rata untuk dua orang di bawah USD50, dan pasangan dapat menikmati gaya hidup yang cukup mewah seharga USD2.500. Selain itu, Indeks Pensiun Global Tahunan Hidup Internasional 2019 menempatkan Malaysia di urutan pertama dalam kategori Perawatan Kesehatan Ekspatriat Terbaik di Dunia, nilai tambah bagi pensiunan yang ingin pindah ke sini.

2. Maroko

Indeks Biaya Hidup: 29,3

Anda dapat menikmati lanskap Maroko yang sangat beragam hanya dengan USD800 sebulan. Negara ini menawarkan biaya hidup 1,67 kali lebih rendah dari rata-rata dunia. Utilitas dasar seperti pemanas, pendingin, air, dan listrik di apartemen rata-rata harganya di bawah USD40.

Rata-rata biaya hidup 59% lebih rendah daripada di Amerika Serikat. Institute for Economics and Peace (IEP) melaporkan negara ini menempati peringkat ke-80 dari 163 dalam Indeks Perdamaian Positif 2022. Orang yang ingin pensiun juga mendapat kesempatan untuk menikmati komunitas ekspatriat yang aktif, stabilitas politik dan ekonomi, tingkat kejahatan yang rendah, dan perawatan kesehatan yang memadai.

1. Turki

Indeks Biaya Hidup: 28.1

Dengan biaya hidup 53,6% lebih murah daripada AS, Turkiye mengantongi tempat pertama dalam daftar negara termurah untuk pensiun. Pensiunan dapat menikmati cuaca cerah, gaya hidup Mediterania yang nyaman, dan lautan pesisir di bawah sinar matahari dengan mengeluarkan minimal USD1.000 per bulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2454 seconds (0.1#10.140)