Perkuat Literasi Agar Terhindar dari Penipuan Investasi

Selasa, 27 Juni 2023 - 13:03 WIB
loading...
A A A
Melalui kolaborasi literasi antara JFX dan DCFX ini, Philip berharap dapat meningkatkan sosialisasi dan edukasi pemahaman, fungsi, serta peran perdagangan berjangka komoditi.

"Dengan begitu, menjadi sumber edukasi trading bagi para trader dalam cara bertransaksi trading yang baik dan benar," tuturnya.



Mengutip laman resmi Bappebti, terdapat dua manfaat utama dari perdagangan berjangka komoditi, yaitu sebagai sarana pengelolaan resiko (risk management) melalui kegiatan lindung-nilia atau "hedging" dan sarana pembentukan harga (price discovery).

Produsen, pengolah, pedagang, eksportir dan konsumen menggunakan Kontrak Berjangka sebagai alat untuk melindungi dirinya dari resiko fluktuasi harga.



Pasar berjangka menjanjikan kestabilan pendapatan bagi produsen karena harga komoditinya dapat diprediksi dan “dikunci" dengan baik.

Di samping "hedger", yaitu yang menggunakan Kontrak Berjangka untuk mengurangi resiko, di pihak sebaliknya ada yang disebut "investor/specular" yaitu pihak yang berusaha mencari keuntungan dari adanya fluktuasi harga.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)