Libur Sekolah, Pengunjung Taman Safari Naik 50 Persen

Rabu, 05 Juli 2023 - 09:25 WIB
loading...
A A A
Direktur Pemasaran Taman Safari Indonesia Hans Manansang mengatakan, selama lebih dari empat dekade, TSI berkomitmen menjalankan peran sebagai destinasi wisata yang tidak hanya berfokus menyediakan edukasi dan hiburan tentang dunia satwa tetapi juga berkontribusi aktif dalam pelestariannya.

“TSI telah menampung total 8.700 satwa dari 400 spesies satwa dunia dan menyediakan fasilitas konservasi berstandar internasional,” tuturnya.

Ditambahkan, pusat konservasi dan riset TSI juga memiliki peran penting dalam perlindungan satwa, pemulihan, penangkaran, pelepasliaran serta pengengembangan inovasi demi kelestarian mereka di Indonesia.

Sementara itu, bertepatan momentum libur sekolah kali ini TSI juga kembali menggelar International Animal Photo & Video Competition (IAPVC) untuk ke-32 kalinya. Mengusung tema “Story of the Wild, Capture Through Your Lens”, lomba ini terbuka untuk diikuti semua kalangan mulai fotografer profesional, media, komunitas, dan masyarakat umum termasuk juga orang asing dengan berbagai tingkat kemahiran.

Menurut Hans, ajang kreatif tahunan ini merupakan wujud nyata dari komitmen TSI untuk terus mendorong edukasi dunia satwa termasuk upaya konservasinya di Tanah Air. “Kami percaya siapa saja bisa memberi kontribusi positif terhadap masa depan dan keberlanjutan satwa endemik di Indonesia bahkan dunia,” ucap Hans.

Dengan adanya IAPVC setiap tahunnya, TSI berharap dapat menciptakan momentum positif dalam upaya menjawab tantangan konservasi satwa yang semakin mendesak dan membutuhkan keterlibatan semua pihak untuk menjadi bagian dari solusi.

“Kami sangat senang melihat antusiasme yang luar biasa dari masyarakat terhadap IAPVC. Hampir puluhan ribu karya berhasil kami kumpulkan di setiap tahun IAPVC diselenggarakan. Hal ini mencerminkan tingginya kepedulian mereka akan kelestarian satwa kita,” bebernya.

Dia menjelaskan, empat kategori dikompetisikan dalam IAPVC 2023 termasuk Photo Story, Endangered Animal, General Wildlife, dan Social Media Contest. Tahun ini peserta juga bisa menyumbang kecakapannya dalam membuat video singkat yang menceritakan keunikan satwa dan habitatnya.

Kompetisi berlangsung dari 28 Juni hingga 16 September dan pengumuman pemenang pada akhir Oktober 2023. Guna menggaungkan ajang ini, rangkaian kegiatan roadshow juga diselenggarakan di tiga cabang Taman Safari, termasuk di Taman Safari Bogor, Taman Safari Solo, dan Taman Safari Prigen.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, sebagai negara dengan keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia, Indonesia punya banyak satwa endemik yang bisa dijadikan daya tarik wisata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2393 seconds (0.1#10.140)