Gaet Investasi China Rp302,9 Triliun, Honduras Tawarkan Jalur Kereta Api

Senin, 10 Juli 2023 - 15:33 WIB
loading...
Gaet Investasi China Rp302,9 Triliun, Honduras Tawarkan Jalur Kereta Api
Menarik investasi China sebesar USD20 miliar atau setara Rp302,9 triliun, pihak pemerintah Honduras menawarkan jalur kereta api. Foto/Dok
A A A
TEGUCIGALPA - Menarik investasi China sebesar USD20 miliar atau setara Rp302,9 triliun (Kurs Rp15.148 per USD), pihak pemerintah Honduras menawarkan jalur kereta api yang menghubungkan pantai Atlantik dan Pasifik di negara itu. Honduras dan China sejauh ini telah merundingkan pakta perdagangan bebas pertama yang menghubungkan ekonomi kedua negara.



Menteri pembangunan ekonomi Honduras, Fredy Cerrato mengatakan, kepada wartawan bahwa pejabat dari kedua negara juga membahas proyek infrastruktur yang berkaitan dengan bendungan serta pembangkit listrik.

"Kami mempresentasikan kepada (pejabat China) terkait proyek-proyek yang Honduras tertarik untuk dibiayai, serta sangat penting bagi pembangunan negara kami," kata Cerrato.



"Kita berbicara tentang membangun bendungan, pembangunan kereta lintas samudera yang juga ada hubungannya dengan sistem pembangkit listrik," sambung Cerrato.

Lebih lanjut Ia juga menambahkan, bahwa para pejabat di China telah menunjukkan minat pada proyek-proyek yang dikembangkan menggunakan dana publik dan swasta. Menteri Cerrato juga menambahkan, bahwa jalur kereta api yang diusulkan bisa siap dalam waktu sekitar 15 tahun.

Honduras dan ekonomi terbesar kedua di dunia meluncurkan hubungan diplomatik pada Maret, setelah negara Amerika Tengah itu membuang hubungan lamanya dengan Taiwan demi daratan China dan pengaruh ekonominya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)