Pengamat Ini Minta Agar Bantuan bagi UMKM Lebih Signifikan

Rabu, 29 Juli 2020 - 22:45 WIB
loading...
Pengamat Ini Minta Agar Bantuan bagi UMKM Lebih Signifikan
Langkah pemerintah fokus pada UMKM di kuartal III/2020 dinilai sudah tepat dan perlu ditingkatkan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pengamat ekonomi dari CORE Indonesia Piter Abdullah menilai rencana pemerintah membantu segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sudah di jalur yang tepat. Secara teori, menurutnya langkah ini akan efektif menyelamatkan perekonomian nasional yang memang didominasi oleh UMKM.

"Lebih dari 80% dunia usaha kita adalah UMKM. Tapi yang perlu dipertanyakan kemudian sejauh mana jangkauan bantuan pemerintah akan membantu UMKM," ujar Piter saat dihubungi di Jakarta, Rabu (29/7/2020).

(Baca Juga: Bantu UMKM, Dua Program Disiapkan, Salah Satunya Bantuan Rp2,4 Juta per Orang)

Menurutnya, pemerintah harus betul-betul memperhatikan agar semua UMKM bisa merasakan dampak bantuan pemerintah. Hal ini wajar jadi kekhawatiran karena kalau dilihat dari anggaran bantuan dan pencapaian realisasi nilainya masih terlalu kecil untuk disebut membantu dunia usaha.

Membantu UMKM menurutnya jelas tidak cukup dengan skema subsidi bunga. Strateginya, kata Piter, harus terus dikembangkan. Menurutnya di tengah wabah saat ini dunia usaha, khususnya pelaku UMKM, akan mengalami masalah likuiditas karena aliran uang atau cashflow terganggu.

"Tidak kalah penting bantuan pemerintah juga harus mengurangi tekanan biaya-biaya usaha. Hal ini sangat diharapkan bahkan lebih khusus lagi berikan potongan atau subsidi listrik," tegasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)