Ekonomi China Memburuk, Xi Jinping Hadapi Pilihan Sulit

Rabu, 16 Agustus 2023 - 10:59 WIB
loading...
Ekonomi China Memburuk, Xi Jinping Hadapi Pilihan Sulit
Presiden China Xi Jinping. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Presiden Xi Jinping telah menolak untuk menarik pelatuk stimulus besar untuk menghidupkan kembali ekonomi terbesar kedua di dunia ini. Reaksi pasar yang suram terhadap penurunan suku bunga yang mengejutkan minggu ini menunjukkan bahwa para investor ingin melihat dia mengambil langkah yang lebih berani.

People's Bank of China menurunkan suku bunga pinjaman satu tahunatau fasilitas pinjaman jangka menengah sebesar 15 basis poin menjadi 2,5%, penurunan paling tajam dalam tiga tahun terakhir. Langkah ini diambil tidak lama sebelum rilis data bulan Juli, yang menunjukkan pertumbuhan belanja konsumen yang lemah, penurunan investasi dan peningkatan pengangguran.

Jika dilihat lebih jauh lagi, gambaran ekonomi terlihat semakin memburuk. Pinjaman bank jatuh ke level terendah dalam 14 tahun terakhir bulan lalu, sementara deflasi mulai terjadi dan ekspor mengalami kontraksi.

Salah satu pengembang properti terbesar di RRT berisiko gagal bayar dan sebuah konglomerat keuangan dengan dana kelolaan 1 triliun yuan (USD213 miliar) gagal membayar produk investasi, memicu kekhawatiran mengenai kemungkinan penularan.



Beberapa bank menurunkan estimasi pertumbuhan tahunan mereka untuk China menyusul data yang mengecewakan ini. Tim JPMorgan Chase menurunkan perkiraan setahun penuh untuk tahun 2023 menjadi 4,8%, sementara Barclays memangkas estimasi pertumbuhan menjadi 4,5%. Adapun keduanya di bawah target resmi China yaitu sekitar 5%.

Semua itu menambah tekanan pada Xi Jinping untuk berbuat lebih banyak di dua area yang selama ini ingin dihindari untuk membantu sektor properti yang terlilit utang, dan memberikan lebih banyak uang tunai kepada para konsumen untuk dibelanjakan, sesuatu yang oleh seorang penasihat bank sentral China minggu ini disebut sebagai tujuan yang paling mendesak.

Risiko Kerusuhan

Kegagalan untuk menghidupkan kembali kepercayaan diri secara lebih luas berisiko menyebabkan penderitaan ekonomi yang dapat berhembus kembali pada para pemimpin Partai Komunis. Ada gelombang boikot hipotek dan protes yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Xi sendiri setelah penduduk menjadi muak dengan pembatasan Covid-19 yang paling ketat di dunia.

Otoritas China tetap sensitif tentang narasi ekonomi, menginstruksikan para analis untuk menghindari diskusi tentang deflasi dan membatasi akses ke data utama. China pun menangguhkan penerbitan data tentang tingkat pengangguran kaum muda yang melonjak untuk menghilangkan kerumitan dalam angka-angka tersebut, yang memicu kekhawatiran tentang transparansi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2261 seconds (0.1#10.140)