Pembangunan Rusun PNS di IKN Rp9,4 T Groundbreaking Bulan Depan

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 14:41 WIB
loading...
Pembangunan Rusun PNS di IKN Rp9,4 T Groundbreaking Bulan Depan
Pembangunan 47 rusun PNS di IKN dijadwalkan bulan depan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah menargetkan pembangunan rusun Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Ibu Kota Nusantara (IKN) dijadwalkan groundbreaking pertengahan September bulan depan.

Iwan menjelaskan pihaknya baru saja menyelesaikan penandatanganan kontrak tender untuk pembangunan 47 rusun bagi PNS di IKN senilai Rp9,4 triliun. Terdiri dari 31 tower hunian ASN, 9 rusun untuk TNI, 4 rusun Polri, dan 3 rusun BIN.

"Secara fisik saya berharap pertengah September sudah mulai groundbreaking. Tahap awal Juli sudah ada minimal 12 tower selesai fully furnished dan siap huni," ujar Direktur Jendral Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rayat (PUPR) Iwan Suprijanto dalam konferensi pers Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2023, Jumat (25/8/2023).



Iwan menjelaskan, saat ini paket pembangunan tersebut sudah terkontrak dan proses pembangunan sudah mulai berlangsung. Namun, dikarenakan paket tender termasuk dalam design and build maka pada tahap awal masih harus melakukan desain terlebih dahulu sebelum melakukan pembangunan.

"Karena waktu mepet kami tidak mengenal Sabtu Minggu, jadinya, sabtu minggu sudah diproses langsung PJM (pemjaminan mutu konstruksi) dan Senin sudah ada langsung pembekalan dari saya lanjut kepada workshop perencanaan," kata Iwan.

Harapannya, dari 47 rusun PNS yang akan dibangun tersebut, hingga bulan Juli 2024 mendatang sudah rampung paling tidak 12 rusun sudah lengkap dengan perabotan rumah tanggal didalamnya. Sehingga, para PNS yang akan datang pada tahap pertama ini cukup membawa koper untuk kebutuhan sandang.



Optimisme tersebut berkaca pada proses pembangunan hunian pekerja konstruksi lebih awal dibangun di IKN. Hunian pekerja konstruksi IKN dibangun sebanyak 22 tower dengan 4 lantai yang mampu diselesaikan dalam kurun waktu 145 hari.

"Ini yang dibangun dengan dana APBN, jadi ini paketnya untuk bangun 47 tower, itu ada 31 tower untuk hunian ASN, ada 9 untuk TNI, ada 4 untuk Polri, dan 3 untuk BIN. Itu sudah kami paketkan, jadi ada 6 paket fisik dan 4 paket MK (Manajemen Konstruksi)," pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)