BI-7 Days Repo Rate Tetap Bertahan di Level 4,75%

Kamis, 16 Maret 2017 - 18:20 WIB
BI-7 Days Repo Rate Tetap Bertahan di Level 4,75%
BI-7 Days Repo Rate Tetap Bertahan di Level 4,75%
A A A
JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menahan tingkat suku bunga BI-7 Days Reserve Repo Rate sebesar 4,75%. Sebelumnya, BI juga menahan suku bunga di angka yang sama dan masih betah bertahan sampai saat ini ketika Bank Sentral Amerika Serikat (AS) kembali menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya dalam tiga bulan.

Adapun untuk suku bunga deposit facility sebesar 4% dan lending facility yang juga ditahan di angka 5,50%, dan kebijakan BI ini mulai berlaku besok. "BI menahan suku bunga BI-7 Days Reserve Repo Rate di tengah semakin meningkatnya ketidakpastian global dan mengantisipasi risiko jangka pendek dan panjang untuk ke depannya," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara di Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Menurutnya BI mengamati, ada beberapa risiko global yang harus diwaspadai oleh Indonesia agar tidak terseret jauh ke dalam, terutama kebijakan-kebijakan negara maju. "Risiko global yang harus diwaspadai yakni inflasi global, arah kebijakan Amerika Serikat dan lanjutan kenaikan Fed Fund Rate serta persoalan geopolitik di Eropa," sambungnya

Sementara untuk domestiknya, dia menerangkan yang perlu diwaspadai yakni, kenaikan administered prices dan inflasi yang terjadi di dalam negeri. "Dengan adanya kemungkinan-kemungkinan tersebut, BI akan terus menjaga stabilitas makro ekonomi, dan terus melalukan penguatan ekonomi oleh pemerintah dan tetap menjaga inflasi agar tetap seperti targetnya," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5443 seconds (0.1#10.140)