alexametrics

Anak Sang Raja Media Mundur dari News Corp

loading...
Anak Sang Raja Media Mundur dari News Corp
James Murdoch, anak bungsu dari sang Raja Media Rupert Murdoch memutuskan mundur dari dewan News Corporation dengan alasan ketidaksetujuan atas konten editorial. Foto/Dok BBC
A+ A-
NEW YORK - James Murdoch, anak bungsu dari sang Raja Media Rupert Murdoch memutuskan mundur dari dewan News Corporation dengan alasan ketidaksetujuan atas konten editorial. Dalam pengajuan ke regulator Amerika Serikat, dia menyatakan tidak setuju dengan beberapa keputusan strategis yang dibuat oleh perusahaan.

Namun seperti dikutip dari BBC, tidak disebutkan secara rinci perihal perbedaan kebijakan antara James Murdoch dan perusahaan. Tapi Murdoch sebelumnya melayangkan kritik terhadap outlet News Corp, yang termasuk Wall Street Journal, untuk meliput perubahan iklim. Rupert Murdoch, ketua eksekutif News Corp, dan putranya yang lain, Lachlan sebagai wakil ketua, mengapresiasi sikap James.

Sementara itu dalam beberapa tahun terakhir, James Murdoch juga didapati bertentangan secara politis dengan ayahnya, seperti disampaikan wartawan BBC Amerika Utara David Willis. Saat Murdoch senior telah berjanji memberikan dukungan untuk Donald Trump, James Murdoch telah dilaporkan menyumbang ratusan ribu dolar untuk kampanye dari saingan Trump, yakni rivalnya Joe Biden.

(Baca Juga: Pertanda Kejatuhan Kerajaan Bisnis Rupert Murdoch?)

Disebutkan pengunduran diri James Murdoch dari News Corp, dikatakan untuk memberikan pengaruh lebih besar kepada saudaranya Lachlan yang umumnya berpikir untuk berbagi pandangan dengan ayahnya yang lebih konservatif. "Kami berterima kasih kepada James atas pelayanannya selama bertahun-tahun kepada perusahaan, kami berharap yang terbaik untuknya di masa depan," kata Lachlan seperti dikutip BBC.

Murdoch sebagai raja media Internasional paling berpengaruh memiliki lebih dari 30 surat kabar yang tersebar di Amerika Serikat (AS), Australia, hingga Inggris termasuk Fox News. News Corp juga memiliki The Times, The Sun dan The Sunday Times di Inggris, serta surat kabar Australia yakni The Australian, The Daily Telegraph dan The Herald Sun.

Mengutip Forbes, tahun 2019 lalu, Rupert Murdoch memiliki kekayaan mencapai USD18,5 miliar atau setara dengan Rp259 triliun (kurs Rp 14.000). Jaringan media yang ia miliki misalnya saluran kabel Fox News, The Times of London, dan The Wall Street Journal. Pada Maret tahunlalu, Murdoch menjual sebagian besar studio film Fox dan FX hingga National Geographic Networks di Star India ke Disney sebesar USD71,3 miliar.

Ia juga memiliki jaringan surat kabar antara lain New York Post yang ia akuisisi pada 1976 lalu, The Times (1981), The Sunday Times dan The Daily Telegraph (1972). Selain media cetak, dia juga memiliki bisnis label rekaman Mushroom Records, HarperCollins, hingga layanan informasi Dow Jones. Untuk menaungi seluruh bisnisnya, ia membuat News Corporation yang kini beroperasi di lebih dari 50 negara.
(akr)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top