Rusia Izinkan 32 Negara 'Sahabat' Masuk Pasar Valasnya, Ada Indonesia?

Jum'at, 22 September 2023 - 13:20 WIB
loading...
Rusia Izinkan 32 Negara Sahabat Masuk Pasar Valasnya, Ada Indonesia?
Sebanyak 32 negara mendapat izin berpartisipasi dalam perdagangan valuta asing di pasar valas dan derivatif Rusia. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Rusia telah meluncurkan daftar negara-negara "ramah dan netral" yang diizinkan untuk berdagang di pasar valuta asing (valas) negara tersebut, yang sebelumnya tertutup bagi negara asing. Perintah tersebut ditandatangani oleh Perdana Menteri Mikhail Mishustin dan dipublikasikan di situs Kabinet pada Kamis (21/9) lalu.

Istilah “ramah dan netral” tersebut mengacu pada negara-negara yang belum menyetujui sanksi Barat terhadap Rusia terkait konflik di Ukraina. Berdasarkan peraturan baru ini, bank dan broker dari 32 negara akan dapat berpartisipasi dalam perdagangan valuta asing di pasar valas dan derivatif Rusia.



Mengutip Russia Today, Jumat (22/9/2023), negara-negara yang masuk daftar tersebut adalah China, Kuba, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, TĂĽrkiye, Afrika Selatan, Azerbaijan, Aljazair, Armenia, Banglades, Bahrain, Belarusia, Brasil, Venezuela, Vietnam, Mesir, India, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Qatar , Kirgistan, Malaysia, Maroko, Mongolia, Oman, Pakistan, Serbia, Tajikistan, Thailand, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Daftar tersebut disetujui berdasarkan undang-undang federal tentang "Lelang Terorganisir" yang diadopsi pada Juli 2023, yang bertujuan untuk meningkatkan konversi langsung rubel dan mata uang nasional mitra Rusia. Sebelumnya, hanya penduduk Rusia yang dapat berpartisipasi dalam perdagangan valuta asing dalam negeri.



Namun, sebagian besar dari mereka tidak memiliki kesempatan untuk memasok likuiditas dalam mata uang nasional dalam volume yang dibutuhkan, sehingga membatasi jumlah transaksi. Situasi sebelumnya juga mendistorsi nilai tukar rubel terhadap mata uang nasional lainnya, karena lonjakan permintaan transaksi dalam mata uang tersebut baru-baru ini.

Tren ini dimulai di tengah sanksi Barat atas konflik Ukraina, yang memaksa Rusia beralih dari euro dan dolar dalam perdagangan lintas batas. Menurut pihak berwenang Rusia, amandemen tersebut akan membantu meningkatkan volume penyelesaian dalam mata uang nasional, dan selanjutnya mengurangi porsi mata uang Barat dalam impor dan ekspor Rusia.

Pangsa mata uang nasional dan mata uang "bersahabat" dalam perdagangan negara tersebut dengan Uni Ekonomi Eurasia tumbuh hampir 80% pada tahun 2022, dan diperkirakan akan mencapai 90% pada akhir tahun ini. Bulan lalu, muncul laporan bahwa kelompok negara berkembang BRICS juga mempertimbangkan untuk mengalihkan semua perdagangan lintas batas ke mata uang nasional.

Volume perdagangan mata uang nasional di bursa mata uang asing Rusia juga meningkat. Misalnya, volume perdagangan pasangan rubel-yuan di Bursa Moskow (MOEX) melampaui volume perdagangan pasangan dolar-rubel pada bulan Februari.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)