Traveloka Berperan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Pariwisata di Indonesia

Jum'at, 22 September 2023 - 12:30 WIB
loading...
Traveloka Berperan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Pariwisata di Indonesia
PwC melaporkan hasil studi layanan audit bahwa platform perjalanan Traveloka turut mendorong pertumbuhan ekonomi. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PwC melaporkan hasil studi layanan audit bahwa platform perjalanan Traveloka turut mendorong pertumbuhan ekonomi melalui industri pariwisata di Indonesia.

Direktur PwC Indonesia Julian Smith mengatakan bahwa studi tersebut mengungkapkan efek berdampak besar yang diciptakan oleh Traveloka terhadap berbagai sektor di wilayah Indonesia dan Asia Tenggara.

"Hasil studi ini menggambarkan hubungan simbiosis antara Traveloka dan perekonomian, serta mendorong pertumbuhan dan inovasi dalam periode di mana ketahanan dan kemampuan beradaptasi menjadi hal yang sangat penting," ucap Julian dalam media briefing Traveloka Impact Study, di Jakarta, Kamis (22/9/2023).

Hasil Studi PwC juga menyimpulkan, Traveloka turut menstimulasi penciptaan Nilai Tambah Bruto (NTB) di Indonesia sekitar USD10 miliar atau Rp153,8 triliun pada 2019-2022 atau setara lebih dari 360 ribu tenaga kerja di Indonesia setiap tahunnya.

Dari nilai tersebut, USD4,5 miliar atau Rp69 triliun di antaranya berasal dari industri pariwisata, atau setara dengan 2,7 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dari sektor tersebut.

Traveloka juga secara signifikan memberikan dampak positif kepada UMKM, di mana 91 persen mitra yang disurvei, termasuk UMKM, menyebutkan bahwa Traveloka membantu mereka dalam memperluas jangkauan konsumennya, dan 75 persen di antaranya menyebutkan bahwa pendapatan mereka mengalami peningkatan signifikan berkat program-program Traveloka.

Program EPIC Sale dan Live Streams merupakan contoh inisiatif yang Traveloka lakukan untuk mendorong pertumbuhan bisnis mitra dan UMKM.

Dari segi promosi budaya dan meningkatkan pariwisata domestik, survei PwC menunjukkan 86 persen dari bisnis yang didukung Traveloka dalam mempromosikan produk dan layanan mereka, memperluas jangkauan pasar, serta mendukung pariwisata lokal melalui akses digital.

Peluang kunjungan pada destinasi yang jarang dikunjungi juga mengalami peningkatan sebesar 67 persen pasca pandemi di 2023. Hal ini sesuai dengan fakta bahwa 86 persen dari bisnis yang disurvei mengakui dukungan Traveloka dalam mempromosikan produk dan layanan mereka, memperluas jangkauan pasar, serta mendukung pariwisata lokal melalui akses digital.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)