Dana Darurat vs Asuransi vs Investasi, Mana yang Lebih Penting?

Rabu, 27 September 2023 - 15:10 WIB
loading...
Dana Darurat vs Asuransi vs Investasi, Mana yang Lebih Penting?
Dana darurat, asuransi, dan investasi memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Dana darurat , asuransi, dan investasi memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda. Lalu, mana yang lebih diprioritaskan agar memiliki kebebasan finansial?

Bagi setiap individu penting untuk menyiapkan ketiganya. Sebab, dana darurat, asuransi maupun investasi berfungsi untuk menyokong kesejahteraan finansial.

Ketika muncul masalah finansial, seorang individu bisa memanfaatkan salah satu dari ketiga dana tersebut. Namun, ketiganya memiliki proses, sistem, dan tujuan penggunaan yang berbeda.

Untuk itu, setiap orang harus pandai dalam mengatur skala prioritas supaya tidak berakibat buruk nantinya.



Berikut ini urutan skala prioritas tentang dana darurat, asuransi dan investasi yang perlu dipahami. Hal ini penting supaya mengerti mana yang harus didahulukan dan mana yang dapat ditunda terlebih dulu.

Dana Darurat vs Asuransi vs Investasi


1. Dana Darurat


Dana darurat memiliki posisi yang penting dalam membangun kesejahteraan finansial karena bisa digunakan secara fleksibel tanpa memerlukan banyak aturan. Pada dasarnya, dana darurat seperti dana yang dapat dialokasikan untuk apapun, mulai dari hal yang kompleks hingga ringan.

Contohnya, dana darurat bisa digunakan untuk biaya perbaikan rumah atau membayar cicilan. Hal tersebut tentu tidak dapat diatasi dengan asuransi yang memang sudah diporsikan untuk kesehatan misalnya.



Terlebih dana darurat ini juga secara tidak langsung dapat menggantikan posisi asuransi, seperti untuk biaya kesehatan atau perbaikan kendaraan jika memang belum memiliki asuransi. Karenanya pemenuhan dana ini sangatlah diprioritaskan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)