Perang Israel vs Hamas Jadi Pukulan Telak Ekonomi Global

Senin, 09 Oktober 2023 - 17:47 WIB
loading...
A A A
Bagi bank-bank sentral, hal ini menimbulkan dilema apakah hal ini akan menimbulkan tekanan inflasi baru. Pasalnya kawasan ini bukan hanya rumah bagi produsen minyak utama seperti Iran dan Arab Saudi, tetapi juga jalur pelayaran utama melalui Teluk Suez atau memberikan pukulan terhadap ekonomi menjadi semakin tersendat.

Para pejabat Federal Reserve telah mengutip harga energi yang tinggi baru-baru ini sebagai risiko yang mungkin terjadi pada prospek mereka untuk menurunkan inflasi secara bertahap, dan juga mengatakan bahwa mereka merasa bahwa ekonomi AS kemungkinan besar akan terhindar dari resesi jika tidak ada guncangan dari luar yang tidak terduga.

Dengan konflik yang kini berkecamuk di wilayah penghasil minyak utama, reaksi di antara para pedagang dan pemain utama seperti Iran dan Arab Saudi akan diawasi dengan cermat untuk melihat apakah lonjakan harga akan terjadi, sementara perdagangan di pasar obligasi dan pasar saham dalam beberapa hari ke depan akan menunjukkan bagaimana pasar mengantisipasi dampak yang mungkin terjadi.

"Konflik ini menimbulkan risiko kenaikan harga minyak, dan risiko terhadap inflasi dan prospek pertumbuhan," kata Karim Basta, kepala ekonom di III Capital Management, sehingga The Fed perlu memilah-milah apakah harga yang lebih tinggi atau pertumbuhan yang lebih lambat adalah kekhawatiran yang lebih besar.

Para pejabat Fed telah mengamati kenaikan imbal hasil obligasi Treasury AS baru-baru ini untuk melihat tanda-tanda bahwa investor mungkin telah mendorong kondisi keuangan melebihi apa yang diperlukan untuk mendinginkan inflasi, dan meningkatkan risiko perlambatan ekonomi yang terlalu mencolok.



Sejauh perang Israel dengan Hamas meningkatkan kekhawatiran tentang ekonomi global, hal ini dapat membalikkan tren tersebut jika modal mengalir ke obligasi pemerintah AS yang relatif lebih aman, seperti yang sering terjadi pada saat-saat potensi krisis.

Meskipun penurunan suku bunga pasar mungkin dalam keadaan lain dapat dilihat sebagai sumber inflasi baru, mendorong konsumen dan bisnis untuk meminjam dan membelanjakan uang, konteksnya dapat mengarah pada kesimpulan yang berbeda dengan penekanan pada risiko yang dirasakan terhadap ekonomi dari perang regional baru.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)