China Rayakan 10 Tahun Jalur Sutra Modern, Barat Tuding Diplomasi Jebakan Utang

Rabu, 18 Oktober 2023 - 12:35 WIB
loading...
A A A
"Karena infrastruktur itu sulit. Untuk benar-benar menaruh banyak uang di tempat-tempat yang kurang berkembang, di mana struktur tata kelola pemerintahannya sedikit lebih lemah, itu cukup berisiko."

lebih lanjut, proyek ini diperkirakan akan menghadapi berbagai masalah seperti penolakan sosial dan masalah lingkungan.

"Namun yang menarik adalah, seperti banyak negara besar lainnya, China memiliki gagasan bahwa proyek ini dapat mengubah dunia. Jadi, China telah mendapatkan pengaruh yang pasti, tetapi bukan jenis kebaikan yang tidak tanggung-tanggung seperti yang awalnya digembar-gemborkan oleh Xi Jinping tentang proyek ini."

Diplomasi Jebakan Utang

Belt and Road Initiative disebut Barat sebagai diplomasi jebakan utang dan menjadi ancaman keamanan. "Saya tidak berpikir itu adalah semacam niat dari pihak Beijing untuk mengelabui atau menipu. Tapi saya pikir ada banyak optimisme yang berlebihan," kata Dr Chong.

"Saya pikir beberapa ekspektasi tentang bagaimana pinjaman akan dilunasi, tentang pengembalian investasi ini dilakukan dengan cara yang mungkin seharusnya memiliki lebih banyak uji tuntas."



Dia mencatat bagaimana Beijing telah mendorong untuk tidak memiliki pamrih, yang berarti mereka akan memiliki lebih sedikit persyaratan dalam beberapa masalah tata kelola dan uji tuntas.

Sebagai informasi, para pemimpin dunia datang ke Beijing pekan ini untuk menghadiri forum tersebut, yang diadakan saat China merayakan ulang tahun ke 10 Belt and Road Initiative. Meskipun proyek telah menghasilkan dana sebesar USD1 triliun dalam dekade pertama, momentumnya telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir di tengah kekhawatiran terhadap keberlanjutan utang.
(nng)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)