Prestasi Ganjar di Jawa Tengah, Dukung Pengembangan UMKM Melalui Hetero Space

Rabu, 22 November 2023 - 16:49 WIB
loading...
A A A
Maka, Ganjar Pranowo memperkenalkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Supermikro dengan tingkat bunga hanya tiga persen per tahun. Dengan bermitra bersama Bank Jateng, program akses modal yang diinisiasi oleh Ganjar bertujuan untuk memberikan dukungan kepada UMKM agar dapat mengembangkan usaha mereka.

Ditegaskan bahwa penetapan bunga sebesar tiga persen ini merupakan hasil dari proses yang berlangsung cukup lama. Sebelumnya, menurut Ganjar, tingkat bunga utnuk KUR pernah mencapai 12 persen, lalu turun menjadi sembilan persen, hingga akhirnya Provinsi Jawa Tengah mendahului tingkat KUR nasional yang sebesar enam persen. Akhirnya, Ganjar menetapkan tingkat bunga hanya sebesar tiga persen.



Keputusan tersebut menjadi titik awal bagi Jawa Tengah untuk menjadi penyalur KUR terbesar di Indonesia pada tahun 2022. Pada tahun sebelumnya, nilai penyaluran KUR di Provinsi Jawa Tengah mencapai Rp55,27 triliun. "Maka fungsi pemerintah sebenarnya tinggal fasilitasi, agar mereka bisa berkembang," ucap Ganjar.

Berkat usaha Ganjar ini, UMKM di Jawa Tengah kini dapat bersaing di tingkat internasional. Produk UMKM terbaik bahkan mendapatkan fasilitas ekspor ke Singapura, Jepang, dan Eropa. Sebagai catatan, saat ini Provinsi Jawa Tengah memiliki tiga Hetero Space yang berfungsi sebagai pusat pengembangan UMKM dan sebagai tempat bagi para pemuda untuk berkreasi. Ketiga pusat kreatif ini terletak di Semarang, Solo dan Banyumas.

Hetero Space di Jawa Tengah telah melibatkan sejumlah besar anggota, termasuk 3.000 anggota yang telah bergabung, 13.000 pengunjung yang datang ke Hetero Space, 500 komunitas lokal, 300 program kegiatan, 1.000 acara, 15.000 UMKM, 2.500 startup, 100 perusahaan, dan telah memberikan manfaat kepada sekitar 250.000 orang.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)