Kolaborasi Strategis Dorong Penguatan dan Daya Saing Sektor Konsultasi Indonesia

Senin, 25 Desember 2023 - 14:26 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Sekretaris Jenderal INKINDO, Imam Hartawan S.T. M.T., mengatakan, tantangan bagi konsultan ke depan semakin berat dan persyaratan semakin tinggi. Dalam pandangannya, MSA dengan berbagai jasa pelatihan dan sertifikasinya menjadi solusi atas tantangan tersebut.

“Hari ini, kita tandatangani MOU antara PT. MSA dan Dewan Pengurus Nasional INKINDO. MOU ini adalah langkah awal kami dengan PT. MSA, harapan kami bisa terus bersinergi ke depan,” katanya.

PT. MSA Certification sendiri, dalam kerjasama ini, akan menyediakan sertifikasi ISO terkait konstruksi (Sistem Manajemen Mutu, Sistem Manajemen Anti Penyuapan, Sistem Manajemen Lingkungan, Sistem Manajemen K3).

Kerja sama ini melibatkan tidak hanya pertukaran pengetahuan dan pengalaman kedua entitas. Namun juga eksplorasi proyek yang dapat memberikan dampak positif pada pembangunan di Indonesia. Pihak-pihak yang terlibat juga berkomitmen meningkatkan kapasitas para profesional konsultan melalui pelatihan dan program pengembangan.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara INKINDO dan PT. MSA Certification melibatkan pejabat seperti Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra dan Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas, Erwin Dimas, di Hotel Somerset Kuningan Jakarta, menjadi tanda komitmen kuat keduanya.

Rakorpimnas INKINDO 2023, yang digelar 13-14 Desember 2023, di Hotel Somerset Kuningan Jakarta, mengambil tema sarasehan bersama calon presiden dan wakil presiden RI 2024-2029. Kemudian dihadiri salah satu kandidat calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, pada 14 Desember 2023 di Hotel Sahid Jakarta.

Ganjar, dalam penjelasannya, menekankan pentingnya visi bersama mewujudkan Indonesia Emas 2045. Dirinya berharap masukan dan sinergitas dari INKINDO untuk melengkapi program Ganjar-Mahfud, termasuk dalam pengembangan ibu kota nusantara.

Dengan kekuatan gabungan INKINDO dan PT. MSA Certification, diharapkan kerjasama ini menjadi pendorong utama kemajuan sektor konsultasi di Indonesia, memacu pertumbuhan ekonom dan memberikan solusi terbaik untuk proyek strategis di masa depan.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)