10 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Paling Ekstrem di Dunia

Rabu, 06 Maret 2024 - 13:36 WIB
loading...
A A A
Perang Saudara Sierra Leone (1991–2002) berdampak pada pembangunan infrastruktur serta menimbulkan pengungsi, menghambat pertumbuhan ekonomi sehingga membuat Sierra Leone masih bergulat mencoba pulih. Meski Sierra Leone kaya akan sumber daya mineral, namun kasus korupsi membuat negara ini tidak mendapat manfaat darinya.

9. Haiti


Tingkat kemiskinan: 58,50%

Tingginya angka kemiskinan di Haiti, terutama disebabkan oleh banyaknya bencana alam yang sering terjadi. Termasuk gempa bumi besar yang dihadapinya pada tahun 2010. Alasan lain adalah tingkat melek huruf yang rendah dan penindasan politik.

Namun bencana alam diklasifikasikan sebagai alasan utama yang membuat negara tersebut masih bergulat dengan masalah ekonomi. Sering terjadinya bencana yang merusak, menghambat pembangunan infrastruktur serta mengganggu sektor pertanian.

Tantangan lain yang dihadapi oleh Haiti adalah deforestasi, yang menghambat pembangunan berkelanjutan di negara ini. Sebelumnya Program Pangan Dunia (WFP) mengajukan permohonan kepada donor internasional agar membantu rakyat di Haiti menghindari kelaparan pada 2023 lalu.

Menurut WFP, kelaparan mencapai rekor tertinggi di Haiti, dengan hampir 5 juta orang atau satu dari dua orang di sana menghadapi rawan pangan yang akut. Jumlah ini lebih banyak dari krisis kelaparan besar lain, termasuk di Somalia atau Afghanistan.

8. Eswatini


Tingkat kemiskinan: 58,90%

Eswatini, negara berpenghasilan menengah ke bawah di Afrika Selatan menghadapi tantangan ekonomi karena tingkat ketimpangan pendapatan yang tinggi dan lonjakan angka pengangguran. Kontrol monarki atas sektor-sektor utama membatasi peluang bagi perusahaan swasta. Negara ini juga memiliki masalah besar dengan HIV dan TB, yang menambah beban pada sumber daya perawatan kesehatan.

7. Guatemala


Tingkat kemiskinan: 59,30%

Tingkat kemiskinan Guatemala yang tinggi sebesar 59,30% menciptakan banyak masalah bagi penduduknya seperti kekurangan gizi. Perubahan iklim semakin menekan masalah ini yang mempengaruhi sektor pertanian dan berdampak pada ketahanan pangan. Saat ini lebih dari sepertiga populasi di Guatemala menghadapi kerawanan pangan.

6. Kongo


Tingkat kemiskinan: 63,90%

Kemiskinan di Republik Demokratik Kongo berasal dari sejarah panjang konflik politik dan korupsi. Hal ini menyebabkan negara tersebut menghadapi krisis pangan serta tingkat pendidikan yang rendah. Konflik antara kelompok-kelompok bersenjata telah menyebabkan lebih dari 6,1 juta orang mengungsi di Kongo.

5. Burundi

Tingkat kemiskinan: 64,90%

Terletak di Afrika timur, Burundi adalah negara pegunungan dengan populasi lebih dari 13,4 juta orang. Meskipun negara ini memiliki tingkat pengangguran hanya 1%, namun negara ini menempati urutan ke-5 dalam daftar dengan tingkat kemiskinan mencapai 64,90%.

Situasi kemanusiaan di Burundi sangat parah, terutama karena pandemi COVID-19, inflasi, dan efek perang Rusia-Ukraina ikut dirasakan Burundi dengan kekurangan bahan bakar. Saat semua digabungkan, negara ini mengalami lonjakan harga makanan pokok dan barang-barang, mengakibatkan tingkat kemiskinan yang tinggi.

4. Republik Afrika Tengah


Tingkat kemiskinan: 68,80%
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)