Tahun 2024 Indonesia Libur 27 Hari, Baik Apa Buruk?

Jum'at, 24 Mei 2024 - 09:42 WIB
loading...
A A A
"Meskipun ada beberapa manfaat dari banyaknya hari libur, seperti peningkatan konsumsi domestik dan kesejahteraan pekerja, terlalu banyak hari libur berdampak negatif pada produktivitas dan efisiensi ekonomi," jelasnya.

Lebih lanjut, penurunan TFP yang dilaporkan oleh APO untuk Indonesia mencerminkan tantangan tersebut. Sebab itu, penting bagi pemerintah dan sektor swasta untuk mengelola hari kerja dan libur dengan bijak untuk memastikan bahwa produktivitas tetap tinggi dan efisiensi operasional tidak terganggu.

Evaluasi Kebijakan

Guna memastikan bahwa penetapan hari libur dan cuti bersama mendukung produktivitas ekonomi, ada beberapa pelajaran dan langkah yang dapat diambil. Pemerintah perlu melakukan evaluasi rutin terhadap kebijakan hari libur untuk memastikan bahwa jumlah hari libur tidak berdampak negatif pada produktivitas. Analisis dampak ekonomi dari setiap hari libur tambahan perlu dilakukan secara menyeluruh.

"Penerapan cuti bersama yang fleksibel dapat membantu mengurangi dampak negatif pada sektor-sektor tertentu. Misalnya, memberikan opsi kepada sektor-sektor yang membutuhkan operasi terus-menerus untuk mengatur sendiri jadwal cuti bersama mereka," ungkapnya.



Achmad mengatakan, mengadopsi teknologi dan praktik kerja yang lebih efisien dapat membantu mengurangi dampak negatif dari banyaknya hari libur. Investasi dalam teknologi informasi, otomatisasi, dan pelatihan keterampilan bagi tenaga kerja dapat meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

SKB dari Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi harus mempertimbangkan masukan dari berbagai sektor ekonomi. Kolaborasi antara kementerian ini perlu diarahkan untuk menciptakan kebijakan yang seimbang antara kebutuhan libur dan produktivitas ekonomi.

Dengan manajemen yang baik, pemerintah dan sektor swasta dapat mengoptimalkan manfaat hari libur sambil meminimalkan dampak negatifnya terhadap produktivitas ekonomi. "Dengan demikian, produktivitas Indonesia dapat meningkat di masa depan, mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," tutur Achmad.
(nng)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)