Putin ke Korut Pertama dalam 24 Tahun, Ajak Kim Jong-un Gabung BRICS?

Rabu, 19 Juni 2024 - 11:08 WIB
loading...
A A A


Selain itu, Rusia juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan tak tergoyahkan Korut terhadap konflik yang sedang berlangsung di Ukraina. Putin juga mengakui hasil yang luar biasa dalam upaya Rusia untuk memperkuat sektor pertahanan, industri, dan teknologinya.

Peningkatan kerja sama ini akan meluas ke pendidikan tinggi, demikian ungkap Putin. Sementara itu, Putin juga menekankan fokus pada peningkatan kepercayaan dan saling pengertian. Pertemuan ini juga dengan jelas membangun kerjasama ekonomi antara kedua negara. Setelah merujuk pada perjanjian bilateral sejak tahun 2000, mereka meyakinkan komitmen mereka untuk perdagangan alternatif dan mekanisme penyelesaian bersama yang tidak dikendalikan oleh Barat.

Tindakan ini akan berusaha untuk menghindari sanksi. Selain itu, hal ini memberikan bukti lebih lanjut tentang hubungan BRICS Korea Utara. Dengan diperkenalkannya mata uang lokal, negara ini dapat menjadi kandidat utama untuk melakukan perdagangan dengan blok tersebut.

Penyelesaian perdagangan tersebut dapat menjadi sangat penting dalam meningkatkan eksposur mata uang BRICS. Bulan ini, enam negara yang belum termasuk dalam kelompok ini menandatangani perjanjian untuk meninggalkan dolar AS dalam perdagangan. Setelah itu, negara-negara tersebut hampir pasti akan mengadopsi mata uang asli mereka ketika kesepakatan tersebut membuahkan hasil.

Hingga saat itu, negara-negara ini kemungkinan akan melakukan perdagangan melalui mata uang lokal mereka sendiri. Secara keseluruhan, hal ini akan menjadi pukulan bagi dolar AS. Dengan sanksi baru-baru ini yang membuat bursa saham terbesar di Rusia menghentikan perdagangan greenback, pertikaian ekonomi semacam ini tampaknya tidak akan berhenti dalam waktu dekat.
(nng)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0887 seconds (0.1#10.140)