Ekonomi ASEAN Capai Rp58.000 T, Ini Keuntungan Jika Gabung BRICS

Minggu, 30 Juni 2024 - 11:00 WIB
loading...
Ekonomi ASEAN Capai Rp58.000 T, Ini Keuntungan Jika Gabung BRICS
BRICS yang dipelopori Rusia dan China akan memiliki kekuatan ekonomi yang lebih besar apabila kawasan ASEAN bergabung. FOTO/Flickr
A A A
JAKARTA - BRICS terus memperluas keanggotaannya hingga ke kawasan ASEAN. Menurut data terbaru, negara-negara ASEAN memiliki produk deomestik bruto (PDB) kolektif sekitar USD3,67 triliun atau Rp58.000 triliun. Selanjutnya, kawasan ini sedang mempertimbangkan untuk bergabung dengan BRICS.

Terdiri dari Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam telah menjadi aliansi yang menonjol. Sejak 2019, kelompok ini telah mengalami peningkatan PDB dan diperkirakan akan terus meningkat hingga 2029.



Hal ini dapat menjadi keuntungan besar bagi blok BRICS, karena berpotensi menambah USD3,67 triliun ke dalam PDB mereka dalam pergeseran ekspansi terbaru mereka. Awal minggu ini, Bloomberg melaporkan bahwa beberapa pemimpin Asia telah berusaha untuk masuk ke dalam BRICS. Selain itu, langkah seperti itu akan menjadi kemenangan besar bagi kelompok ini.

Malaysia dan Thailand telah muncul menjadi yang terdepan, mengumumkan rencana untuk masuk ke dalam blok tersebut. Selain itu, laporan tersebut mencatat bahwa kawasan ini tertarik untuk bergabung dengan sebuah kelompok yang dipandang sebagai lindung nilai terhadap institusi-institusi yang dipimpin Barat.

Atlantic Council's Geoeconomics Center baru-baru ini mendiskusikan dedolarisasi, dan mencatat masih belum terbukti namun juga tidak dapat disangkal.

"Demokratisasi bertahap lanskap keuangan global mungkin sedang berlangsung, memberi jalan ke dunia di mana lebih banyak mata uang lokal dapat digunakan untuk transaksi internasional," kata analis Hung Tran dilansir dari Watcher Guru, Minggu (30/6/2024).



"Di dunia seperti itu, dolar akan tetap dominan, tetapi tanpa pengaruhnya yang besar, dilengkapi dengan mata uang seperti renminbi China dan lainnya. Ini kemungkinan besar adalah realitas yang dicari oleh negara-negara ASEAN. Blok ini menerapkan langkah-langkah untuk memperkuat mata uangnya. Terutama ketika mereka mengurangi prevalensi dolar AS."

BRICS kemungkinan besar akan tumbuh selama dua tahun berturut-turut. Pada tahun 2023, Iran, Mesir, Ethiopia, dan Uni Emirat Arab (UEA) menjadi negara yang pertama kali berekspansi dalam lebih dari 20 tahun terakhir.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0880 seconds (0.1#10.140)