Sri Mulyani Ungkap Stabilitas Sistem Keuangan RI Kuartal II-2024 Masih Terjaga

Jum'at, 02 Agustus 2024 - 11:50 WIB
loading...
Sri Mulyani Ungkap Stabilitas...
Hasil Rapat KSSK melaporkan Stabilitas Sistem Keuangan kuartal II-2024 masih Aman. Foto/Dok. MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati selaku Koordinator Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) melaporkan bahwa stabilitas Sistem Keuangan dipastikan masih terjaga selama kuartal II-2024.

Sri Mulyani menilai, hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang masih berlanjut, inflasi terjaga hingga pasar keuangan yang semakin baik dari sebelumnya.

“Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) Indonesia pada triwulan II-2024 masih dalam kondisi terjaga di tengah peningkatan tekanan di pasar keuangan global," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Kantor Pusat Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Jakarta, Jumat (2/8/2024).



KSSK terdiri dari Menteri Keuangan, Gubernur Bank Indonesia, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah rampung menggelar rapat berkala ketiga.

Sri Mulyani menekankan bahwa KSSK berkomitmen untuk terus memperkuat koordinasi dan sinergi, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko ketidakpastian ekonomi dan pasar keuangan global. Termasuk, gejolak geopolitik yang eskalatif yang rambatannya terhadap ekonomi dan sektor keuangan domestik.

Sejalan dengan stabilitas sistem keuangan yang terjaga, kondisi ekonomi Indonesia pada periode tersebut juga diperkirakan tetap resilien dan terjaga.

Pada periode kuartal II, rapat diselenggarakan di LPS beberapa hari yang lalu. Sri Mulyani mengatakan rapat berlangsung sampai tengah malam.



“Kami semua KSSK melakukan koordinasi dan terutama juga meningkatkkan kewaspadaan seiring dengan masih sangat dinamisnya kondisi perekonomian global dan nasional," paparnya.

Adapun selain Sri Mulyani, hadir dalam konferensi pers kali ini Gubernur BI Perry Warjiyo, Ketua DK OJK Mahendra Siregar dan Kepala LPS Purbaya Yudhi Sadewa beserta jajaran.
(fch)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)