Jokowi Resmikan Pabrik Bahan Anoda Baterai Lithium di Kendal

Rabu, 07 Agustus 2024 - 12:46 WIB
loading...
Jokowi Resmikan Pabrik...
Meresmikan pabrik bahan anoda baterai litium di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah pada hari ini, Presiden Jokowi mengapresiasi kecepatan pembangunan pabrik tersebut. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Meresmikan pabrik bahan anoda baterai lithium PT Indonesia BTR New Energy Material di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah pada hari ini, Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengapresiasi kecepatan pembangunan pabrik tersebut. Dirinya meyakini Indonesia telah menjadi negara yang cepat mengalahkan negara yang lambat.

"Saya sangat menghargai kecepatan pembangunan pabrik ini. Baru 10 bulan yang lalu kita tanda tangan di Beijing tau-tau pabriknya sudah jadi. Ini yang namanya kecepatan dan negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat dan kita sekarang sudah jadi negara yang cepat," kata Jokowi dalam sambutannya, Rabu (7/8/2024).



Jokowi juga mengapresiasi PT BTR yang sudah bisa memproduksi 80 ribu ton material anoda pertahun dan akan menghasilkan 1,5 juta mobil listrik ."Sangat besar sekali, apalagi ditambah 80 ribu produksi 80 ribu ton produksi di industri ini. Akan jadi 3 juta mobil listrik pertahunnya. Sebuah jumlah yang besar. Sehingga kita akan jadi pemasok terbesar baik EV baterai maupun kendaraan listriknya," kata Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi menyebut bahwa rencana membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia satu persatu mulai terwujud."Rencana yang sudah kita putuskan beberapa tahun yang lalu untuk membangun sebuah ekosistem besar kendaraan listrik satu per satu mulai kelihatan nyata dan betul sudah ada di negara kita Indonesia," kata Jokowi.

"Dimulai dengan nikel yang kita setop eskpor raw materialnya di tahun 2020. Dan saat itu banyak yang menentang dari dalam negeri sendiri karena kita pada saat awal kehilangan kurang lebih 1,5 billion US dollar atau 20an triliun rupiah," sambungnya.



Jokowi juga menyakini dengan dibangunnya pabrik tersebut diharapkan dapat menaikan nilai tambah bagi perekonomian di Indonesia.

"Saya saat itu meyakini nilai tambah akan melompat naik. Dan tadi seperti dikatakan Pak Menko Luhut Binsar Panjaitan sekarang sudah 34 billion US dollar nilai dari ekspor nikel kita. Dari yang sebelumnya 33 triliun melompat jadi kira-kira 510 triliun rupiah, lompatan sangat besar sekali," kata Jokowi.

"Meskipun sekali lagi awal-awal banyak yang tidak setuju, pro dan kontra dan juga yang kedua kita digugat oleh EU (Uni Eropa) dan kita kalah. Tapi saya sampaikan negara ini adalah negara yang berdaulat, kepentingan nasional adalah segala-galanya buat kita. Tidak bisa kita didikte oleh siapapun," tandasnya.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)