Iran Rancang Serangan Balasan, Fitch Ratings Beri Peringatan Keras ke Israel

Rabu, 14 Agustus 2024 - 07:53 WIB
loading...
Iran Rancang Serangan...
Fitch Ratings menurunkan peringkat kredit jangka panjang Israel buntut serangannya ke Gaza. FOTO/iStock Photo
A A A
JAKARTA - Fitch Ratings menurunkan peringkat kredit jangka panjang Israel buntut serangannya ke Gaza, Palestina. Moody's dan S&P Global juga memangkas peringkat kredit mereka untuk Negara Yahudi tersebut pada awal tahun ini, dengan alasan meningkatnya risiko geopolitik.

Fitch menurunkan peringkat Israel menjadi 'A' dari 'A+' dan mempertahankan outlook negatif, yang mengisyaratkan bahwa penurunan lebih lanjut mungkin terjadi.

"Dalam pandangan kami, konflik di Gaza dapat berlangsung hingga tahun 2025 dan ada risiko konflik ini meluas ke wilayah-wilayah lain. Selain korban jiwa, hal ini dapat mengakibatkan pengeluaran militer tambahan yang signifikan, penghancuran infrastruktur dan kerusakan yang lebih parah pada aktivitas ekonomi dan investasi, yang mengarah pada kemerosotan lebih lanjut pada metrik kredit Israel," kata lembaga tersebut dalam sebuah pernyataan dikutip dari Russia Today, Rabu (14/8/2024).



Fitch juga menyoroti defisit anggaran Israel yang semakin mengkhawatirkan dan utang pemerintah yang terus membengkak sebagai salah satu alasan utama penurunan peringkat tersebut.

Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich di X pada Selasa (13/8), mengklaim penurunan peringkat tersebut sebagai hal yang wajar mengingat risiko geopolitik yang ditimbulkan oleh perang terlama dan termahal dalam sejarah negara tersebut. Dia juga berjanji untuk menavigasi ekonomi dengan benar dan bertanggung jawab.

Ketua Partai Buruh Israel dan mantan wakil menteri ekonomi, Yair Golan, memperingatkan, "Bagaimanapun juga, bahwa penurunan peringkat ini, ditambah dengan defisit anggaran yang melebar akan melukai kantong setiap warga negara dengan menaikkan biaya hidup."

Dalam sebuah tulisan di X, Golan menggambarkan Smotrich sebagai menteri kekanak-kanakan yang tidak mengerti apa-apa tentang ekonomi. Penurunan peringkat kredit dapat membuat lebih sulit atau lebih mahal bagi sebuah negara untuk meminjam uang yang dibutuhkan untuk membiayai pengeluarannya.

Fitch adalah lembaga pemeringkat utama AS ketiga yang menurunkan peringkat Israel. Pada bulan Februari, Moody's memangkas peringkat negara ini menjadi A2 dan mempertahankan prospek negatif. Pada April, S&P Global memangkas peringkat kredit jangka panjang mata uang asing dan lokal Negara Yahudi ini menjadi 'A+' dari 'AA-' dan peringkat jangka pendek menjadi 'A-1' dari 'A-1+'.



Ekonomi Israel menyusut 21,6% pada kuartal terakhir tahun lalu, merupakan salah satu kontraksi terbesar dalam sejarah negara tersebut. Namun, ekonomi pulih kembali dalam tiga bulan pertama tahun ini, menunjukkan pertumbuhan 14,1% dari kuartal ke kuartal.

Kekhawatiran bahwa perang di Gaza menjadi konflik Timur Tengah yang lebih luas telah meningkat setelah terbunuhnya pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Iran dan komandan militer Hizbullah Fuad Shukr di Beirut pada akhir Juli lalu. Iran dan Hizbullah telah mengancam akan melakukan pembalasan terhadap Negara Yahudi tersebut.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)