Perang Dagang Jilid II AS vs China Memanas, Siapa yang Menang?

Rabu, 04 September 2024 - 18:08 WIB
loading...
A A A
Tekanan terhadap mata uang China akan segera terjadi, sama seperti renminbi yang menanggung beban ketakutan pasar dengan setiap ancaman tarif baru yang diberlakukan sepanjang tahun 2018 dan 2019. BNP Paribas memperkirakan mata uang ini akan jatuh 6% terhadap dolar dengan atau tanpa stimulus domestik untuk meredam pukulan tersebut.

Baca Juga: Produksi Berlebih Kendaraan Listrik China Berisiko Picu Perang Dagang Baru

Skenario mana pun akan menantang kontrol pihak berwenang atas nilai tukar, yang telah berada di bawah tekanan tahun ini akibat pertumbuhan yang lesu dan bertentangan dengan keinginan Xi Jinping untuk memiliki yuan yang kuat untuk mendukung ambisi China menjadi negara adidaya keuangan global.

Pada akhirnya, tarif baru dapat membatasi kemampuan China untuk melonggarkan kebijakan moneter untuk menopang perekonomian telah terlihat sulit bagi Beijing untuk mencapai target pertumbuhan PDB sekitar 5% tahun ini.

Lebih buruk lagi, komunike kebijakan terbaru dari pertemuan para pemimpin partai di bulan Juli memperjelas bahwa mereka menggandakan kebijakan industri yang bergantung pada ekspor segala sesuatu mulai dari kendaraan listrik hingga peralatan medis untuk menutupi permintaan domestik yang lemah. Dorongan itu akan membuat ekonominya semakin terpapar ancaman tarif AS.

Singkatnya, Beijing mungkin relatif tidak terluka sejauh ini. Namun, model pertumbuhan yang diinvestasikan oleh para pembuat kebijakan akan membuat kebakaran komersil kedua dengan Washington menjadi lebih berbahaya dan sulit dipadamkan. Bagi China, perang dagang lagi akan berdampak buruk dan mudah kalah.
(nng)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)