Pelindo IV Launching Perdana Modernisasi Pelabuhan Benteng Selayar

Rabu, 09 September 2020 - 14:02 WIB
loading...
A A A
Menurut Jusuf, kegiatan BM yang dilakukan pihaknya tersebut ditunjang dengan sejumlah peralatan, yaitu 1 unit forklift 28 ton, 2 unit forklift 5 ton, 1 unit tronton dan peralatan bongkar muat peti kemas.

Meski ini adalah kegiatan BM perdana di Pelabuhan Benteng, Selayar, namun dia berharap ke depan pihaknya tidak hanya menangani kegiatan BM saja, tetapi juga bisa mengelola Pelabuhan Benteng secara keseluruhan, apakah melalui revitalisasi pelabuhan atau yang lainnya.

“Nanti kegiatan BM ini akan kami evaluasi dan buat kajian untuk kemudian menjadi masukkan kepada jajaran Direksi Pelindo IV, apakah juga perlu untuk dibangun infrastruktur pelabuhan yang lebih baik lagi, tentunya sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Selayar,” katanya.

Jusuf Junus berpendapat, pihaknya tertarik untuk mengelola kegiatan BM di Selayar karena potensi geografis daerah tersebut yang berada di poros maritim. “Jadi kapal dari dan ke pasti melewati Selayar. Nah, itulah mengapa Pelindo IV tertarik hadir yaitu untuk mengkonstruksikan semua itu,” katanya.

“Apalagi ada program strategisnya Selayar, yaitu membangun kawasan industri perikanan terpadu, di mana mereka punya sumber daya alam yang sangat luar biasa, termasuk pengembangan kepariwisataan. Dan memang MoU antara perseroan dengan Bupati Selayar beberapa waktu lalu juga mencakup semua sektor, sehingga Pelindo IV hadir membantu Selayar, termasuk nanti di wisatanya. Jadi semuanya itu yang perlu juga diantisipasi oleh manajemen. Kita harapkan nanti ada program sinergi yang perlu dibicarakan lebih lanjut, tidak hanya MoU tetapi dituangkan dalam sebuah kesepakatan yang lebih besar lagi,” bebernya.



Jusuf juga menyebut, selain kelapa dan turunannya serta hasil laut, pihaknya juga akan memacu komoditas lainnya seperti pala, vanili, cengkeh, termasuk bongkaran sembako.

Karena selain untuk membantu Selayar dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonominya, pihaknya juga mencoba untuk meningkatkan ekosistem yang ada. “Jadi komoditi developnya nanti akan kita tingkatkan, ya nelayannya, petaninya, termasuk peningkatan taraf hidup masyarakat melalui kegiatan yang masif ini,” tukasnya.
(luq)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2415 seconds (0.1#10.140)