Hidroponik, Estetika dan Bermanfaat

Sabtu, 19 September 2020 - 12:15 WIB
loading...
A A A
"Dahulu saya menghias taman hanya dengan tanaman bunga agar indah dan sedap di pandang mata. Beda kalau di depan rumah kita ada sayuran hidroponik, ya udah kita bisa langsung potong saja beberapa yang kita mau masak," ungkap perempuan yang menyukai menu sayuran ini.

Sementara itu, membuat instalasi hidroponik tidak merepotkan. Arsitek lanskap Herlin Wibowo menjelaskan, yang terpenting tanaman mendapatkan tiga unsur yang menjadi syarat tumbuhnya tanaman, yaitu nutrisi, oksigen, dan sinar matahari. Sebelum memulai menanam, kita pun harus menyeimbangkan pH dalam air menjadi 5,5 sampai 6,5 agar tanaman dapat mengambil nutrisi dengan sempurna.

"Yang terpenting, tanaman harus mendapatkan asupan nutrisi matahari secara rutin. Ini penting sebagai proses fotosintesis, kurun waktu penyinaran matahari 5 jam per hari," tegas Herlin.

Hidroponik, Estetika dan Bermanfaat


Dalam penanaman dengan instalasi hidroponik juga dibutuhkan beberapa nutrisi, kurang lebih harus terdapat 14 nutrisi yang terkandung di dalam tanah, nantinya diracik dan diubah menjadi cairan pupuk yang bernama AB mix. Pupuk ini terdiri atas cairan A dan cairan B yang tidak bisa disatukan sebelum bertemu air, karena akan terjadi reaksi kimia.

"Umumnya, perbandingan yang digunakan adalah 5 ml pupuk cairan A dan 5 ml pupuk cairan B, lalu ditambahkan dengan 1liter air. Untuk tahap awal pembuatan instalasi memang harus dilakukan dengan orang berpengalaman karena kunci dari hidroponik subur ada pada instalasi dan pengairan yang tepat," lanjut Herlin. (Baca juga: 4 Jenis Olahraga Ini efektif Turunkan kadar Kolesterol)

Syarat untuk media tanam tanaman hidroponik adalah steril dan bebas unsur hara. Selain itu, media tanam tidak boleh mengandung tanah, pupuk kandang, dan zat kimia lainnya. Karena akan merusak asupan nutrisi dari media tanamnya. Oleh karena itu, gunakan media tanam yang umum dipakai seperti rockwool, yaitu batu basa yang dicairkan seperti harum manis dan dipres.

"Sifat dari media tanam ini sangat berpori dan kuat mengikat air, sehingga akarnya bebas bergerak dan mendapat asupan air yang cukup," jelas Herlin.

Selain rockwool, media tanam hidroponik juga bisa menggunakan sekam bakar, cocopite (sabut kelapa), dan expanded clay (pecahan batu yang dioven sampai berpori) ketiganya sangat cocok untuk sistem drip. (Baca juga: Inggris, Prancis, dan Jerman Kecam Kalim China Atas Laut China Selatan)

Satu lagi yang tidak boleh dilupakan dalam sistem hidroponik adalah menggunakan instalasi listrik agar dapat bekerja, ini juga menjadi salah satu kelemahan hidroponik. Di sisi lain, sistem yang sudah direncanakan dengan cermat juga memiliki keuntungan utama, yaitu air dan nutrisi yang diberikan pada tanaman tidak akan terbuang sia-sia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3711 seconds (0.1#10.140)