Hidroponik, Estetika dan Bermanfaat

Sabtu, 19 September 2020 - 12:15 WIB
loading...
A A A
"Dalam hidroponik, setiap orang dipaksa untuk kreatif. Tiap orang dipaksa untuk kreatif dan bisa menerapkan dengan cara berbeda, yang penting sistem yang mau dipakai apa dulu. Kemudian tinggal dijaga saja sistem yang sudah dipilih," saran Herlin.

Ada pun untuk sistem hidroponik bertingkat yang sangat sederhana, bisa memanfaatkan sudut halaman terbuka atau memanfaatkan ruang di teras apartemen. Sementara itu, bila ingin bertanam hidroponik dengan memanfaatkan dinding rumah, maka diperlukan instalasi khusus yang menjamin permukaan dinding tidak menjadi rusak atau menjadi lembap. (Lihat videonya: Istana Para Raja di WIlayah Sulsel Berumur Ratusan Tahun)

"Penutupan muka dinding bisa dengan menggunakan lembaran polycarbonat dan geotextile. Sementara dudukan sistem hidroponik bisa dibantu dengan membuat kerangka dari baja ringan," katanya.

Bila berminat untuk membuat taman hidroponik tidak memerlukan lahan luas. Lahan dengan luas 0,5 meter persegi pun sudah bisa bertanam hidroponik. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)