New Omni Marcomm

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 09:35 WIB
loading...
A A A
#3. Research

Pada tahapan research, konsumen mulai menggali informasi seputar brand secara mendalam dan mencocokkan dengan keinginan dan kebutuhannya. Tak cukup sampai di situ, konsumen juga mulai membandingkannya dengan kompetitor mengenai keunggulan produk dan sesuai tidaknya dengan kebutuhan mereka.

#4. Decide

Decide adalah tahapan kritis dalam consumer journey karena di sini konsumen melakukan pengambilan keputusan pembelian. Biasanya pada tahapan ini konsumen telah mengumpulkan semua informasi perihal brand dan telah memiliki suara bulat untuk memilih satu brand yang diminati. (Baca juga: Ini Makanan yang Baik dan Tidak untuk Jantung)

#5. Experience

Experience merupakan tahapan awal dari customer safari di mana pada tahapan ini konsumen mulai mengonsumsi dan menggunakan brand. Tahapan ini tak kalah kritis karena konsumen mulai merasakan dan mengalami langsung value yang ditawarkan brand. Kalau pengalaman yang didapatkan baik, ia akan terus menggunakannya. Namun sebaliknya, jika pengalamannya buruk, ia akan berhenti menggunakan dan mencari alternatif brand lain.

#6. Loyal

Jika konsumen puas dengan value yang ditawarkan brand, ia akan terus menggunakannya. Apabila kepuasan ini terus dijaga, ia akan terus menggunakannya dan pada suatu titik akan loyal tanpa pernah berpikir untuk pindah ke brand lain. (Lihat videonya: Janda Bolong Jadi Primadona saat Pandemi Harganya Mencapai Ratusan Juta Rupiah)

#7. Share

Ketika loyalitas terbentuk dan emotional connection antara konsumen dan brand mulai tercipta, ia mulai merasa “berkewajiban” untuk membagikan pengalaman baiknya kepada konsumen yang lain. Ia mulai merekomendasikan brand ke konsumen lain dan menjadi advocator bagi brand. Inilah tahapan terakhir dari consumer journey yang kami sebut: share.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)