Indonesia Bersiap Sambut Tren Baru Pariwisata

Kamis, 22 Oktober 2020 - 06:32 WIB
loading...
A A A
Secara total pariwisata Indonesia berkontribusi sekitar USD63.6 miliar atau setara 6% dari PDB. Pariwisata juga telah menyerap lebih dari 12.6 juta tenaga kerja atau setara dengan 10% dari jumlah tenaga kerja di Indonesia.

Namun, apa yang diraih Indonesia masih kalah telak dibanding negara lain. Di lingkup ASEAN, misalnya, pada 2019 kedatangan 133.1 juta turis, di mana Indonesia berada di posisi kelima setelah Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Singapura.

Kondisi ini ironis mengingat aset sektor pariwisata Indonesia sangat beragam dan luar biasa, mulai dari flora dan fauna, kekayaaan alam, serta keramahan masyarakat. Belum lagi banyak destinasi wisata di negeri ini meraih berbagai penghargaan dunia sebagai destinasi paling baik, terfavorit, bahkan terindah.

Masih dalam upaya memacu sektor wisata, pemerintah sebelumnya juga telah menggelontorkan dana hibah ke sejumlah daerah. Menparekraf Wishnutama Kusubandio menyebut hibah tersebut digunakan untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata dan meningkatkan rasa aman bagi wisatawan sekaligus membantu industri pariwisata bertahan di tengah pandemi. (Lihat videonya: Diduga Depresi, Anggota Polisi Tewas Tembak Dada Sendiri)

Sebagai informasi, dana hibah yang dialokasikan sebesar Rp3,3 triliun. Dana hibah pariwisata melalui Kementerian Keuangan tersebut merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hibah diberikan karena pandemi membuat banyak tempat wisata yang terpaksa tutup atau membatasi kegiatannya. (Kunthi Fahmar Sandy)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)