Tak Melulu Kejar Uang, Pengusaha Harus Bisa Jadi Inspireneur

Minggu, 08 November 2020 - 23:03 WIB
loading...
A A A
“Bagaimana kita bisa menawarkan suatu produk atau service yang bagus jika kita tidak tahu bagaimana cara mengkomunikasikannya. Dengan kemampuan komunikasi yang baik maka barang atau produk yang kita tawarkan tersebut akan menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi,” tuturnya.

Kedua, networking atau jaringan. Dalam menjalankan usaha, networking merupakan sesuatu yang harus dibangun dan dijaga sehingga dapat memberikan peluang kepada kita.

“Selain memiliki komunikasi yang baik, seorang pengusaha juga harus mampu membangun network yang luas sehingga dia bisa mendapatkan banyak peluang. Misalnya dengan ikut masuk ke dalam suatu komunitas seperti Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) ataupun Simac,” terangnya.

( )

Dalam membangun network tersebut, menurutnya kita tidak harus merasa jauh lebih pandai dari yang lain. Malah sebaiknya dengan memiliki banyak jaringan maka semakin banyak pula pembelajaran, informasi, dan wejangan yang bisa didapatkan.

Ketiga, teamwork. Dalam berbisnis, Maya mengatakan bahwa kita tidak dapat bekerja sendiri sehingga dibutuhkan kerja sama atau team work yang solid. "Memiliki superteam yang hebat akan membuat kita menjadi lebih kuat," ujarnya.

Keempat, seorang pengusaha juga harus selalu melakukan yang terbaik dengan memberikan performa yang baik sehingga dapat terlihat bagus di mata kolega. Selain itu yang terpenting ialah jangan pernah berhenti untuk belajar.

( )

“Bisnis itu bukan coba-coba. Bisnis itu membutuhkan fokus dan harus benar-benar lakukan yang terbaik. Entah itu nilainya seribu, sepuluh juta atau seratus miliar, harus sama fokusnya. Itu yang dinamakan do the best. Fokuslah dan lakukan yang terbaik,” terangnya.

Kunci sukses terakhir yang tak kalah penting adalah berserah diri kepada Allah. Artinya, setelah semua yang terbaik dilakukan maka serahkan semuanya kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Maya sangat percaya bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2416 seconds (0.1#10.140)