OJK Dukung Startup dengan Menyiapkan Sandbox, Mau Tau Apa Itu?

loading...
OJK Dukung Startup dengan Menyiapkan Sandbox, Mau Tau Apa Itu?
OJK bakal mengembangkan industri finansial teknologi atau fintech agar bisa memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian nasional dan tengah menyiapkan Sandbox, mau tahu apa itu?. Foto/ Dok
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal mengembangkan industri finansial teknologi atau fintech agar bisa memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian nasional. Ketua OJK Wimboh Santoso mengatakan, akan membuat perusahaan startup yang memiliki istilah sandbox atau semacam laboratorium bagi perusahaan fintech sebelum memasarkan produknya ke pasaran.

(Baca Juga: Jokowi Mengakui Kontribusi Fintech, Penyaluran Pinjaman Capai Rp9,87 Triliun )

Adapun sandbox ini tengah dilakukan beberapa negara termasuk di Korea Selatan (Korsel). Terlebih sandbox ini ada pada drama Korea Selatan yang berjudul Startup, dimana dimainkan oleh Suzy Bae, Nam Joo Hyuk dan Kim Suen Ho.

"Kita sangat akomodatif untuk mendukung inovasi generasi milineal dalam produk-produk teknologi atau start-up. Ini akan memberikan guidence, dan pembinaan. Enggak setiap generasi muda punya talent yang sama, dan ini kita memberikan sandbox," kata Wimboh dalam video virtual.



Kata dia, sandbox ini akan berisikan produk digital dan nantinya akan memudahkan perusahaan fintech bisa mengembangkan inovasi bisnis yang baru. "Ini banyak sekali ada related lending, raising fund, ada yang payment, ada yang comodity, banyak sekali. Disitu kami menyalurkan, produk regulatornya adalah lembaga ini," jelasnya.

(Baca Juga: Tak Cuman Jual-Beli Saham Bisa lewat Ponsel, Bos OJK Juga Ingin Asurasi Digital )

Dengan kata lain jika ada industri dengan regulator yang menggarap fintech akan memudahkan perizinan berbisnis untuk perusahaan teknologi lainnya. "Memang kadang-kadang setiap talent berbeda-beda ada yang cepat, ada yang setengah cepat. Kebijakan clear, akomodatif, dan inovasi, dan membina untuk itu," tandasnya.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top