Ada Sentimen Positif, Rupiah Diyakini Bakal Menguat

Senin, 11 Mei 2020 - 10:48 WIB
loading...
Ada Sentimen Positif, Rupiah Diyakini Bakal Menguat
Kendatri dibuka sedikit melemah, nilai tukar rupiah diyakini akan menguat terhadap dolar AS pada perdagangan hari ini. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Rupiah dibuka sedikit melemah pada awal pekan ini, yang berada di level Rp14.925 per dolar Amerika Serikat (USD). Nilai tukar mata uang Garuda melemah tipis 0,03% dibanding penutupan Jumat (8/5) yang berada di Rp14.920 per USD.

Meski begitu, rupiah diprediksi akan menguat pada hari ini. Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra rupiah akan menguat lantaran pasar merespons positif kegiatan ekonomi yang kembali bergerak di sejumlah negara setelah kasus virus corona mulai melandai.

"Dengan aktifnya kembali perekonomian diharapkan kondisi ekonomi bisa segera membaik," kata Ariston di Jakarta, Senin (11/5/2020).

Namun, bukan berarti situasi ini akan berlangsung permanen. Ariston menilai pasar masih terus mewaspadai perkembangan kasus penyebaran virus corona di global. "Pasar juga melihat dampak buruknya terhadap kondisi ekonomi yang bisa kembali menekan harga aset berisiko," ujarnya

Tjendra memperkirakan nilai tukar rupiah berpotensi menguat hari ini dengan sentimen positif tersebut dan bergerak di antara Rp14.800-15.150 per USD.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)