Ketahanan Pangan Terjaga Petani Sejahtera

Sabtu, 21 November 2020 - 06:17 WIB
loading...
A A A
Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arief Satria berpendapat, perguruan tinggi memiliki peran yang sangat strategis dalam riset dan pengembangan. Dengan cara itu perguruan tinggi siap menghasilkan inovasi. Untuk itu pertanian di masa depan harus inklusif.

"Bahasa sederhananya yang besar didorong atau diperkuat sementara yang kecil diberdayakan. Kalau kita bisa dapat menyatukan mereka ini akan luar biasa. Bagaimana kita bisa menggali potensi untuk produktivitas efisiensi berdaya saing. Terakhir sustainable, harus ramah lingkungan, karena ini sudah menjadi tuntutan di seluruh dunia perguruan tinggi," ucapnya. (Lihat videonya: Siswi SD di Gowa Buta Usai Belajar dari 4 Jam)

Faktor-faktor harus menyeluruh menyentuh masyarakat, perusahaan juga perguruan tinggi. Perguruan tinggi dapat menjadi bagian dari research and development (R&D) yang luar biasa untuk efisiensi dalam pertanian.

"Daripada perusahaan membangun R&D sendiri lebih baik memanfaatkan atau berkolaborasi dengan perguruan tinggi, misalnya dengan membuat science techno park sehingga terjadi simbiosis mutualisme," tambah Arief. (Ananda Nararya)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3396 seconds (0.1#10.140)