Otsus Membawa Orang Papua Menuju Kemakmuran dan Kesejahteraan

Kamis, 03 Desember 2020 - 01:27 WIB
loading...
A A A
"Lalu ada kebijakan-kebijakan dalam pemanfaatan orang Papua di tingkat pusat di Kementerian lembaga itu terjadi pada saat ini," ujar Balthasar yang pernah menjadi Menteri Lingkungan Hidup pada 2011 sampai 2014.

Pembangunan infrastruktur pun menurutnya saat ini terus diupayakan oleh pemerintah. Masyarakat Papua dapat melewati jalan yang mulus untuk menjangkau dan menggunakan kendaraan dari satu kabupaten ke kabupaten lainnya.

"Itu pencapaian dari sejak pemberlakuan otonomi khusus itu orang Papua mesti jujur mengakui bahwa ada banyak hal yang kita capai setelah undang-undang ini diberlakukan. Ada soal masalah masih belum maksimal dilaksanakan itu memang kita akui harus diperbaiki ke depan," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Metipo mengamini pernyataan yang disampaikan oleh Balthasar Kambuaya dengan mengatakan bahwa konsep pembangunan infrastruktur di Papua sangat baik.

"Saya pikir dengan zamannya pemerintahan Pak Jokowi ini terobosan luar biasa dilakukan, konektivitas antar kabupaten kemudian provinsi terus dilakukan dan saya juga diberi mandat atau tugas untuk bagaimana mengawal proses pembangunan infrastruktur ini bisa dilakukan," ujarnya.

Wakil menteri yang merupakan orang asli Papua ini pun mengungkapkan bahwa pelaksanaan Otsus adalah tugas bersama dan bagaimana menerjemahkan Otsus ini dengan baik.

"Tetapi kalau hari ini orang Papua bilang Otsus gagal, saya pikir sebenarnya bukan Otsus yang gagal tetapi pejabat di daerah yang gagal karena tidak dapat mengeksekusi program Otsus dengan baik," tandasnya.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)