Pengusaha Belanja Online Ungkap Berkah dari Pandemi dan Resesi

Jum'at, 04 Desember 2020 - 14:05 WIB
loading...
Pengusaha Belanja Online Ungkap Berkah dari Pandemi dan Resesi
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi yang menciptakan resesi di Indonesia ternyata membawa berkah tersendiri. Jalinan keduanya banyak mengubah perilaku ekonomi masyarakat, terutama dalam berbelanja dan memilih produk belanjaan.

Pandangan itu diungkapkan oleh Executive Director iDEA Arashi Adhinia menyikapi kondisi yang terjadi di Indonesia. Menurutnya, jalinan pandemi dan resesi mengubah tren belanja masyarakat Indonesia. ( Baca juga:Dampak Pandemi, Sandiaga Berharap lewat OK Oce UMKM Indonesia Bisa Bangkit )

"Jadi ada hikmahnya, tren belanja kita berubah karena pembelian secara online meningkat, terutama pada produk domestik," ujar Arashi dalam Market Review IDX Channel, Jumat (4/12/2020).

Kata dia, selain tren belanja berubah, produk domestik juga kian diburu konsumen, terutama untuk produk makanan dan minuman. Apalagi, tren belanja online membuat konsumen bisa menjadi seller ketika membeli sebuah produk.

"Konsumen berpacu menadi seller, jadi trader lebih kreatif ," katanya. ( Baca juga:Kabar Gembira bagi Pemilik Kebun Sawit, Harga CPO Tinggi hingga Pertengahan Tahun Depan )

Ditambah lagi, resesi membuat beberapa perusahaan banyak memberikan promo dan diskon pada produk-produknya. Serta banyaknya entreprenuer muda yang membuka usaha bisnis lewat online dengan ide produk yang kreatif dan inovatif.

"Dinamikanya mengandalkan promo dari setiap perusahan pembayaran. Makin banyak entreprenuer dan mencari kesempatan di Harbolnas (hari belanja online nasional)," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)