Siapa Mendulang Uang dari Vaksin Covid-19?

Senin, 14 Desember 2020 - 06:34 WIB
loading...
Siapa Mendulang Uang dari Vaksin Covid-19?
Pada awal pandemi, kita diperingatkan bahwa butuh bertahun-tahun untuk mengembangkan vaksin. Jadi jangan berharap terlalu cepat!. Sekarang, setelah hanya 10 bulan, suntikan vaksin telah dimulai dan ada perusahaan farmasi di belakangnya. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Pemerintah hingga badan non profit telah menginvestasikan dana mereka hingga miliaran dolar untuk vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan swasta. Pada awal pandemi, kita diperingatkan bahwa butuh bertahun-tahun untuk mengembangkan vaksin. Jadi jangan berharap terlalu cepat!.

(Baca juga : Pemerintah Pastikan Belum Ada Penetapan Harga Vaksin )

Sekarang, setelah hanya 10 bulan, suntikan vaksin telah dimulai dan ada perusahaan farmasi di belakangnya yang berlari kencang. Akibatnya, analis investasi memperkirakan bahwa setidaknya dua dari mereka, yakni perusahaan biotek Amerika Moderna dan BioNTech Jerman dengan mitranya, perusahaan raksasa AS Pfizer, akan cenderung menghasilkan miliaran dolar tahun depan.

(Baca Juga: Kementerian BUMN Ajak Pengusaha Gotong Royong Beli Vaksin untuk Karyawannya )

Tetapi tidak jelas berapa banyak pembuat vaksin ini akan benar-benar mendulang uang dari hal itu. Pasalnya melihat dari cara vaksin didanai dan jumlah perusahaan yang bergabung dalam perlombaan untuk membuatnya, setiap kesempatan untuk menghasilkan keuntungan besar bisa berumur pendek.

(Baca juga : Jika Ini Terjadi, Susi Pudjiastuti, Gatot, Din dkk Berpeluang Nyapres )

Siapa yang Sudah Menaruh Uangnya?

Karena kebutuhan mendesak untuk vaksin, pemerintah dan donor telah menggelontorkan miliaran pound ke dalam proyek untuk membuat dan menguji vaksin . Organisasi filantropi seperti Gates Foundation mendukung pencarian tersebut, hingga individu termasuk pendiri Alibaba Jack Ma dan bintang musik country Dolly Parton juga turun tangan.

Secara total, pemerintah telah menyediakan 6.5 miliar poundsterling, menurut perusahaan analitik data sains Airfinity. Sedangkan organisasi nirlaba telah menyediakan hampir 1.5 miliar pounds. Ditambah 2.6 miliar pounds yang berasal dari investasi perusahaan, dengan banyak dari mereka sangat bergantung pada pendanaan dari luar.

(Baca juga : Si Cantik Darya Klishina Beri Tips Lakukan Lompat Jauh )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)