Ternyata Meja Makan dan Dapur Berbahaya Bila Disatukan

Kamis, 24 Desember 2020 - 15:44 WIB
loading...
Ternyata Meja Makan dan Dapur Berbahaya Bila Disatukan
Penataan komposisi meja makan yang seruang dengan dapur harus dilakukan dengan lebih cermat. (Foto: Dok/Archify)
A A A
SEMENARIK apa pun bentuk meja makan yang dibuat menyatu dengan area dapur, ternyata dinilai kurang baik jika dilihat dari sisi feng shui. Hal ini karena tatanan itu akan merusak keberuntungan hidup.

Menempatkan meja makan yang langsung terhubung dengan dapur dikhawatirkan akan memberikan dampak kurang baik bagi kebahagiaan, kesejahteraan, dan kesehatan penghuninya.

Biasanya, meja makan didesain khusus sehingga tampak serasi dengan dapur. Namun, desain tidak lagi penting jika akibat yang muncul dari salah penataan ini akan membawa dampak buruk bagi penghuninya.

"Dalam menata ruang, sebaiknya jangan hanya melihat sisi praktisnya. Kita perlu melihat sisi kenyamanannya juga. Komposisi yang tidak baik ini ketika digunakan untuk aktivitas secara bersamaan sudah tentu akan menyebabkan kedua belah pihak sama-sama terganggu," kata desainer interior Rina Renvil.

Sebenarnya faktor kesehatan menjadi alasan utama meletakkan meja makan di dapur dinilai tidak baik. Itulah sebabnya, Rina menambahkan bahwa dampak buruk dari meja makan yang salah letak ini akan menghabiskan keberuntungan hidup.

Selain itu, area dapur yang banyak terdapat kumpulan limbah cair dan padat atau sampah. Sudah pasti limbah tersebut mengandung banyak kuman penyakit. Makanan yang tersaji di meja makan yang menyatu dalam ruang dapur tidak terhindar dari pencemaran.

Akibatnya, orang yang menyantap makanan yang disajikan di meja makan di dapur akan memiliki risiko tinggi tercemar kuman penyakit yang ada di dapur. Rina menyarankan, untuk area makan dan dapur sebaiknya dipindah ke tempat lain sehingga keduanya tidak lagi berada dalam satu ruangan.

"Jika area dapur dan ruang makan tidak dapat dipisahkan, sebaiknya lakukan pemasangan exhaust fan yang cukup kuat untuk membuang udara yang tidak menyehatkan dari dapur ke arah luar rumah," katanya.
(wan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2246 seconds (11.252#12.26)