Guru Besar Unpad: UU Sapu Jagat Berikan Akses dan Kemudahan Perdagangan Internasional

Minggu, 27 Desember 2020 - 22:23 WIB
loading...
A A A
(Baca Juga: Akademisi: Aturan Pesangon di UU Cipta Kerja Buat Pekerja-Pengusaha Sama-sama Untung )

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyatakan, bahwa implementasi UU Cipta Kerja akan menjadi salah satu modal dalam penyusunan materi dan negosiasi dalam perjanjian perdagangan, baik secara bilateral maupun multilateral. Dalam artian, bahwa investasi bukanlah sebuah penjajahan, karena investor dan pebisnis lokal memiliki posisi yang sama kuatnya.

"Isu tentang investor memang santer terdengar setelah UU ini diresmikan. Entah mengapa ada sebagian masyarakat yang ngeri ketika ada investor asing masuk ke Indonesia. Padahal mereka sebenarnya sudah ada sejak zaman orde baru. Kerja sama dengan penanam modal asing juga selalu menguntungkan," terangnya.

Menurut Jerry, UU Cipta Kerja akan memperbaiki sektor perekonomian dari hulu ke hilir. Sebab, akan ada reformasi birokrasi yang membuat perizinan dipermudah dan bisa diurus secara online. Ketika ketatnya birokrasi diperbaiki, lanjut dia, maka sektor ekonomi jadi lancar. Karena pengusaha tidak usah berurusan dengan izin yang berbelit-belit dan ancaman uang pelicin dari oknum.

Oleh karena itu, warga Indonesia wajib mendukung pemerintah dengan tidak memprotes UU Cipta Kerja. Sebab, keberadaan UU ini dimaksudkan untuk memperbaiki kondisi finansial seluruh warga negara Indonesia. Dia menyakinkan, pemerintah tidak akan tega menjerumuskan rakyatnya ke lubang hitam, dan membuat UU yang menguntungkan wong cilik.

"Ketika UU Cipta Kerja dipuji oleh organisasi internasional, maka hal ini menunjukkan kecakapan Presiden Jokowi dalam mengendalikan perekonomian Indonesia. Karena beliau berpikiran jauh ke depan dan berusaha agar rakyatnya tidak lagi terjerat dalam kemiskinan. UU Cipta Kerja adalah bukti cinta dari pemerintah," pungkasnya.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)