Rogoh Kocek APBN Rp4,57 Triliun, Diskon Tarif Listrik Diperpanjang

loading...
Rogoh Kocek APBN Rp4,57 Triliun, Diskon Tarif Listrik Diperpanjang
Iustrasi diskon tarif listrik. FOTO/SINDOnews
JAKARTA - Pemerintah kembali memperpanjang program stimulus listrik dari tahun lalu hingga kuartal I-2021. Tercatat tambahan subsidi yang bakal digelontorkan sekitar Rp4,57 triliun.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana, menyebut stimulus yang digelontorkan ini, seperti diskon listrik 100% atau listrik gratis untuk rumah tangga golongan 450 VA dan diskon 50% untuk 900 VA subsidi.

"Jadi total Rp4,57 triliun untuk ketiga jenis program stimulus. Seperti diskon rumah tangga 450 sama 900 VA, diskon untuk industri dan bisnis kecil. Dan diskon untuk rekening minimum itu total untuk triwulan I-2021. Maka kita perkirakan Rp4,57 triliun," ujar dia dalam telekonfrensi, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga: Terungkap! RI Ternyata Impor Listrik dari Malaysia



Kemudian, lanjut dia, program ini diperpanjang karena dampak pandemi Covid-19 belum reda. Di mana, program ini diperpanjang sebagai bentuk jaring pengaman sosial. Menurutnya, besaran stimulus ini tidak berubah apabila dibandingkan dengan stimulus yang dikucurkan tahun lalu. Pihaknya juga telah melaporkan kepada Menteri ESDM Arifin Tasrif sesuai adanya hal tersebut.

Baca Juga: Digoyang Corona, Investasi Ketenagalistrikan Jeblok

"Sesuai arahan Pak Presiden Jokowi, mengingat pandemi belum mereda kemudian sebagai bentuk atau bagian dari program jaring sosial apakah stimulus diperpanjang dari tahun lalu, minimum sampai triwulan I-2021," tandas dia.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top