Berikut Aturan Perjalanan Selama PPKM Skala Mikro yang Mulai Berlaku Hari Ini

Selasa, 09 Februari 2021 - 05:08 WIB
loading...
Berikut Aturan Perjalanan Selama PPKM Skala Mikro yang Mulai Berlaku Hari Ini
PPKM berskala mikro akan mulai diterapkan mulai hari ini 9 Februari 2021 besok. Kebijakan itu salah satunya mengatur perjalanan dalam negeri dan perjalanan internasional. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro akan mulai diterapkan mulai hari ini 9 Februari 2021 besok. Kebijakan itu salah satunya mengatur perjalanan dalam negeri dan perjalanan internasional.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, pengaturan perjalanan dalam negeri dan perjalanan internasional akan berlaku mulai besok hingga 22 Februari 2020.

"Jadi untuk aturannya masih sama untuk Bali di mana perjalanan udara memerlukan tes Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan dan antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan," ujar dia dalam konfrensi pers secara virtual.


Sementara itu, kata dia, untuk laut dan udara, baik pribadi maupun umum ini menggunakan tes RT PCR atau antigen 3x24 jam sebelum keberangkatan.

"Sedangkan untuk perjalanan Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, terutama untuk darat dengan angkutan umum, hasil tes acak antigen atau GeNose akan diminta apabila diperlukan oleh Satgas Covid-19 di daerah," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia, untuk udara menggunakan tes RT PCR 3x24 jam sebelum keberangkatan atau antigen 2x24 jam sebelum keberangkatan.

"Lalu laut menggunakan tes RT PCR atau antigen 3x24 jam sebelum keberangkatan, dan untuk darat pribadi diimbau menggunakan tes RT PCR atau antigen 3x24 jam sebelum keberangkatan," jelas dia.



Dia menjelaskan untuk Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, khususnya untuk kereta api antarkota, ini menggunakan RT PCR atau antigen 3x24 jam sebelum keberangkatan atau GeNose sebagai opsi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)