Cerita WNI di Australia Dapat BLT Subsidi Gaji Rp15 Juta per Dua Minggu

Jum'at, 26 Februari 2021 - 18:32 WIB
loading...
Cerita WNI di Australia Dapat BLT Subsidi Gaji Rp15 Juta per Dua Minggu
Ilustrasi. FOTO/REUTERS
A A A
JAKARTA - Pemerintah Australia memberikan tunjangan uang bagi permanent resident (PR) dan warganegara Australia, lewat skema JobKeeper dan JobSeeker. Sejumlah warga Indonesia di Australia yang memenuhi syarat menceritakan seberapa membantu tunjangan tersebut.

Natalia Nuyerepon, perempuan asal Jawa Timur, saat ini bekerja penuh waktu di restoran Hog's Breath Cafe, di Mildura, sebuah kota di Victoria yang berjarak 550 km dari Melbourne. Terhitung tanggal 23 Maret 2020 lalu, semua restoran, kafe, bar, dan pub harus menutup layanan 'dine-in' atau makan di tempat dan hanya menyediakan take away dan delivery. Namun, cabang restoran tempat ia bekerja harus ditutup sehingga mempengaruhi pekerjaannya sebagai koki.

"Di bulan Maret 2020 itu kami semuanya kena stood down (diberhentikan). Jadi tidak ada kerja dan tidak ada pemasukan. Semua ditutup dan kami tidak mengerti nasib saat itu," kata dia seperti dikutip dari ABC News, di Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Cerita WNI di Australia Dapat BLT Subsidi Gaji Rp15 Juta per Dua Minggu


"Untuk lokasi Mildura, karena populasi penduduk tidak terlalu tinggi seperti Melbourne, jadi (restoran Hog's Breath) kurang pemasukan untuk membayar karyawan dan sebagainya," imbuhnya.



Akhirnya, Natalia harus mengakses subsidi JobSeeker yang tersedia bagi permanent resident dan warganegara Australia. Selama sebulan menunggu tunjangan disetujui dan masuk ke rekeningnya, ia dan suaminya harus hidup dengan sisa tabungan. JobSeeker memberikan pendapatan sebesar AU$1.100 (Rp11,5 juta) per dua minggu, (belum dipotong pajak). Jadi saya mendapatkan AU$654 (Rp6,8 juta) per minggu," katanya.

Kemudian setelah Pemerintah Australia mengeluarkan tunjangan JobKeeper, Natalia mendaftar dan beralih ke bantuan subsidi ini yang bernilai AU$1.500 (Rp15,6 juta) per dua minggu sebelum pajak. Meski nilainya jauh lebih kecil dari pendapatan mingguannya sebelum pandemi, Natalia mengatakan 'JobKeeper' saat ini masih membantu. "Saya berusaha mencukupkan, karena banyak yang berubah dari pendapatan hampir seribu atau seribu lebih (per minggu) langsung (turun) drastis," kata Natalia.

"Kembali lagi ke lifestyle (gaya hidup) dan bagaimana kita hidup untuk cukup di sini. Itu intinya. Jadi ini membantu, paling tidak, daripada 'nothing' (tidak sama sekali)," kata Yuanita yang tinggal di Melbourne.

"Selalu dapat AU$1.300 (Rp13,5 juta) terus, walau jam kerjanya cuma sedikit. Kadang tidak ada, seminggu sekali. Tapi itu cukup menguntungkan buat kaminya," ungkap dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8110 seconds (0.1#10.140)