Erick Thohir Ungkap Manfaat Said Aqil Jadi Komisaris PT KAI

Kamis, 04 Maret 2021 - 20:06 WIB
loading...
Erick Thohir Ungkap Manfaat Said Aqil Jadi Komisaris PT KAI
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut, sosok Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj adalah figur yang bisa diterima oleh semua kalangan. Atas dasar itu, dia mengangkat Said Aqil sebagai komisaris utama (Komut) PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Said Aqil juga dinilai paham dan mampu menangani isu-isu sosial. Isu ini dinilai Erick berkaitan dengan persoalan pembangunan infrastruktur kereta api di daerah. ( Baca juga:Ini Dia 'Dalil' Pengangkatan Said Aqil Siradj Sebagai Komisaris PT KAI )

"Kan kemarin kita ada sinkronisasi bagaimana kereta api banyak sekali pembangunan terutama di daerah. Kita melihat figur Pak Said Aqil adalah figur yang baik karena untuk juga menangani isu sosial. Selama ini kadang-kadang pembangunan itu rentan dengan isu sosial," ujar Erick saat di Kantor Balai Kota Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Mantan Bos Inter Milan itu meyakini dengan pengangkatan Said Aqil sebagai komut KAI, maka pembangunan sejumlah proyek kereta bisa berjalan baik. Proyek yang dia maksud adalah mass rapid transit (LRT), kereta Jakarta-Bandung, serta sinkronisasi kereta api dengan mass rapid transit (MRT).

"Figur Pak Said Aqil saya rasa figur yang bisa diterima sehingga pembangunan seperti LRT, sinkronisasi kereta Jakarta-Bandung, sinkronisasi kereta api dengan MRT, isu sosialnya ini bisa dilakukan. Dan Pak Said Aqil juga didampingi komisaris yang punya track record yang baik di bidang keuangan. Jadi masing-masing figur berbeda-beda," tutur dia.

Erick mencontohkan seperti pengangkatan Chandra Hamzah sebagai Komisaris Utama PT Bank BTN. Pemegang saham lebih melihat pada figur Chandra yang dinilai mampu menangani kasus korupsi. ( Baca juga:Maksimalkan Layanan Transportasi, MPMRent Tambah 3 Kantor Cabang )

"Karena memang BTN ada kasus korupsi. dan Dirut-nya waktu itu masuk penjara, diambil kejaksaan. Figur Pak Chandra Hamzah di BTN lebih ke situ, tetapi yang mengerti perbankannya Pak Chandra didampingi, jadi masing-masing komut pasti punya ini (keahlian)," katanya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)