Milenial Diminta Ambil Bagian Kampanye Sampah Elektronik

Selasa, 27 April 2021 - 03:18 WIB
loading...
A A A
“Alhamdulillah setelah ada gerakan ini, banyak sekali yang mau sukarela ikut berperan di Kabupaten Tangerang. Memilah sampah dan mengantarkan ke drop box yang sudah disediakan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, sebelum kolaborasi dengan EwasteRJ, Pemkab Tangerang juga sudah memiliki gerakan peduli sampah yang dimulai dari sekolah. Gerakan tersebut bernama Kurangi Sampah Sekolah Kita (Kurasaki), untuk mengurangi sampah di sekolah.

“Ke depan perlu adanya gerakan bagaimana kita bisa meminimalisir penggunaan barang-barang yang nantinya menjadi sampah. Kita semua sama-sama bergerak memberikan edukasi kepada masyarakat,” ujar dia.



“Sampah elektronik seyogyanya harus dikumpulkan terlebih dahulu. Kemudian dibuang ke tempat atau industri yang memang punya sertifikat untuk mengelola sampah,” imbuhnya.

Selain itu, dia menjelaskan jika pandemi covid-19 juga menyumbang sampah khususnya plastik. Karena masyarakat lebih banyak memesan secara daring yang membutuhkan tempat atau wadah plastik.

“Adanya pandemi covid-19 masyarakat jadi lebih sering melakukan pemesanan online. Semakin banyak sampah yang dihasilkan, karena terdapat packaging seperti plastik, boks, bahkan sterofoam,” pungkasnya.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2493 seconds (0.1#10.140)