Kinclong, Kinerja Produksi dan Penjualan Pupuk Indonesia Capai Rekor di 2020

Selasa, 01 Juni 2021 - 16:11 WIB
loading...
A A A
Kendati demikian, Bakir menegaskan bahwa pemenuhan kebutuhan pupuk untuk sektor pangan atau PSO tetap diprioritaskan. “Sesuai amanah yang diberikan kepada kami, kami tetap fokus pada pasokan pupuk untuk kebutuhan sektor pangan di dalam negeri," tandasnya.

Dia menambahkan, kinerja keuangan perusahaan juga tetap terjaga meskipun banyak industri yang terpengaruh wabah Covid-19. Sepanjang tahun 2020, Pupuk Indonesia meraup pendapatan Rp71,87 triliun.

“Komposisi pendapatan tersebut terdiri dari penjualan produk pupuk dan non pupuk, penggantian biaya subsidi dari pemerintah, serta pendapatan dari bidang jasa," urainya.

Adapun laba perseroan pada tahun yang sama sebesar Rp2,32 triliun. Meskipun angka tersebut masih di bawah target pemegang saham, Bakir menyebut capaian tersebut masih cukup positif bila mengingat berbagai tantangan yang terjadi pada tahun 2020. Salah satunya adalah jatuhnya rata-rata harga komoditi urea dan amoniak di pasar internasional.

“Walaupun secara volume penjualan kita ke sektor komersil meningkat, namun karena harga komoditi turun hingga rata-rata USD20 dibandingkan tahun 2019, jadi cukup mempengaruhi perolehan laba,” jelas dia seraya menambahkan bahwa aset perusahaan pada 2020 senilai Rp122,49 triliun.



Sementara itu memasuki tahun 2021, pihaknya telah menetapkan lima inisiatif strategis dalam rangka transformasi bisnis perusahaan. Lima pilar tersebut adalah menjadi perusahaan yang lebih customer centric, mendorong riset, pengembangan dan inovasi, meningkatkan kehandalan dan efisiensi operasi dan rantai pasok, mengamankan dan mengoptimalkan pasokan bahan baku serta sustainability dan circular economy.

“Sebagai bagian dari transformasi bisnis perusahaan, kita akan meningkatkan pasar produk retail, meningkatkan kapasitas produksi, serta memperkuat digitalisasi di berbagai bidang," tuturnya.

Ditambahkan, perusahaan juga telah mencanangkan beberapa proyek strategis guna meningkatkan kapasitas produksi dan diversifikasi produk. “Kami merencanakan membangun pabrik baru, Pusri 3B di Palembang, dan mengembangkan industri pupuk dan petrokimia di Kawasan Bintuni, Papua Barat," pungkasnya.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)