Berhitung Beli Rumah Agar Cepat Lunas, Ini Tips dari Prita Ghozie

Rabu, 23 Juni 2021 - 14:36 WIB
loading...
A A A
Lalu, hitungan kedua adalah dana untuk membelinya. Untuk yang sudah mempunyai dana cash untuk membayar lunas rumah, tentu saja dipersilakan. Akan tetapi, Prita menjelaskan, pertama, usahakan sudah ada dana darurat yang ideal di rekening tabungan terpisah.

Kedua, ada dana tambahan untuk mengisi rumah tinggal. Ketiga, ada alokasi dana untuk membeli polis asuransi kerugian untuk properti. “Untuk yang perlu dibantu pinjaman, maka pastikan kita sudah mempersiapkan Down Payment yang dibutuhkan,” jelasnya.

Sementara itu, kata Prita, membeli rumah idealnya memang dilakukan saat masa produktif. Namun, tidak masalah misalkan belum bisa membeli rumah di usia 30-an.

“Misalkan belum bisa membeli di usia 30an sebenarnya tidak masalah, asalkan rumah tinggal bisa berstatus lunas sebelum memasuki usia pensiun. Memiliki biaya pemeliharaan yang cocok dengan kemampuan finansial, dan bisa mencukupi kebutuhan hunian bagi kita sebagai pemiliknya. So, no more insecurities lagi ya #temanPrita,” bebernya.



Lanjutnya, hitungan terakhir, jika berkeinginan mencapai financial independence sebelum usia 60, maka punya rumah yang sudah lunas di masa itu memang salah satu checklist yang perlu dipenuhi.

Prita menambahkan, bagi dirinya pribadi membeli rumah tinggal memang menjadi tujuan keuangan prioritas saat berani memutuskan menikah dan bahkan memiliki anak.

“Tetapi, kita juga saling paham bahwa keputusan setiap orang untuk mau beli rumah sekarang vs tunda nanti dan beli sekarang nyicil vs beli nanti cash adalah hak kalian, karena your life is your responsibility,” tuturnya.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2314 seconds (0.1#10.140)