Kemenparekraf: Pembukaan Travel Corridor Arrangement Diprioritaskan untuk 3 Destinasi Utama

Kamis, 02 September 2021 - 16:51 WIB
loading...
Kemenparekraf: Pembukaan Travel Corridor Arrangement Diprioritaskan untuk 3 Destinasi Utama
Pembukaan TCA akan diprioritaskan untuk tiga destinasi utama yakni Bali, Batam dan Bintan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyatakan, pembukaan Travel Corridor Arrangement (TCA) untuk pariwisata dapat diujicoba pada kuartal III atau IV tahun ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam siaran pers Rabu (25/8) mengungkapkan, pembukaan akan diprioritaskan untuk tiga destinasi utama yakni Bali, Batam dan Bintan.

"Tiga destinasi utama yang akan kita buka (dalam kerangka) Travel Corridor Arrangement yaitu Batam, Bintan, dan Bali masih menuju prakondisi 75-80 persen vaksinasi terdistribusi pada masyarakat yang menjadi target. Presiden Jokowi sudah merencanakan akhir September tercapai, berarti kita mengarahkan September ini prakondisi tersebut bisa dituju," ujarnya, dikutip Kamis (2/9/2021).



Menurut dia, pembukaan kembali destinasi pariwisata serta sentra ekonomi kreatif antara lain tergantung pada tingkat vaksinasi. Pembukaan TCA dapat dipercepat jika vaksinasi dosis lengkap telah terlaksana 75-80 persen. Selain itu, pembukaan perbatasan untuk tujuan pariwisata ini juga harus melihat faktor prakondisi lain, seperti sertifikasi CHSE end-to-end dan kesiapan industri

Kemenparekraf juga mengimbau masyarakat agar menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk membantu jalannya protokol kesehatan, info tentang vaksinasi, dan crowd control di destinasi wisata.

Aplikasi PeduliLindungi membantu mengidentifikasi masyarakat yang sudah divaksinasi sehingga menjadi sarana tracking dan tracing dan pada akhirnya akan membantu pemerintah membangun sistem pendataan dengan negara mitra. Jika semua berjalan lancar, tentunya Indonesia bisa segera membuka diri untuk kunjungan wisatawan asing yang juga berdampak pada pemulihan ekonomi.

Rencana dan langkah yang diambil pemerintah untuk pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif tentunya perlu didukung oleh masyarakat. Masyarakat harus memonitor kesehatan dengan melakukan tes Covid-19 sebelum melakukan perjalanan atau setelah kontak erat dengan orang yang positif Covid-19.



Bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan dan memerlukan tes PCR atau antigen, manfaatkan promo Extra Baper (Balapan Promo September) di Mister Aladin. Nikmati harga hemat untuk tes Antigen mulai Rp96.000 dan tes PCR mulai Rp420.000 saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)