Dukung Ekonomi Digital RI, EDGE Bangun Pusat Data di Jakarta

Senin, 01 November 2021 - 23:09 WIB
loading...
Dukung Ekonomi Digital RI, EDGE Bangun Pusat Data di Jakarta
EDGE membangun pusat data atau data center pertama di Jakarta. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Indointernet melalui anak usahanya Ekagrata Data Gemilang (EDGE) membangun pusat data atau data center pertama berkelas dunia di Jakarta. Tujuannya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

"Ekosistem yang saling terhubung dan dekat dengan end user akan memempercepat perkembangan bisnis digital di Indonesia. Rencananya ke depan kami akan membangun kapasitas IT Load dari 40 MW untuk mendukung skalabilitas pelanggan," kata CEO EDGE DC Stephanus Oscar dikutip melalui pernyataan resmi, Senin (1/11/2021).



Menurut dia pusat data tersebut sudah ramai peminat. Adapun sebanyak 55% dari total kapasitas telah mendapatkan kontrak dari pelanggan. Fasilitas ini dibangun dengan total delapan lantai, termasuk lima lantai data hall yang dapat menampung hingga 1.300 rak.

Lokasi strategis EDGE1 Data Center memungkinkan konektivitas dengan latensi rendah dan transfer data yang lebih cepat. Indointernet bermitra dengan dengan DCI Indonesia untuk mengadopsi desain infrastruktur untuk mencapai
Service Level Agreement (SLA). SLA memiliki keunggulan layanan dengan menoleransi downtime kurang dari 5 menit per tahun.

CEO Indointernet Karla Winata mengatkan pusat data tersebut faktor penting untuk mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan. Pembangunan pusat data tersebut diharapkan mampu memberikan unique value proposition dengan menggabungkan infrastruktur TI dengan lokasi strategis yang dekat dengan pusat jaringan utama di Indonesia.



Berdasarkan laporan Structure Research, pasar colocation server di Jakarta diperkirakan mencapai USD647 juta hingga 2026. Hal itu didorong ekonomi ekonomi digital RI yang berkembang pesat, pengadopisan cloud di perusahaan dan proliferasi perusahaan start-up.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)