Begini Fintamin Racikan Bank Jago untuk Kesehatan Finansial

Kamis, 11 November 2021 - 19:16 WIB
loading...
A A A
Dia membeberkan, rangkaian "nutrisi" itu adalah: Fintamin A, yakni analisa pengeluaran. Fintamin A berkhasiat menghilangkan kebiasaan asal asumsi dan meningkatkan pengamatan atas kondisi finansial agar tidak "boncos".

Menurut Andy, fitur analisis pengeluaran (Spend Analysis) yang ada di dalam aplikasi Jago akan memudahkan pengguna melakukan analisis karena pengeluaran sudah dikelompokkan secara rapi berdasarkan kategorinya masing-masing. Fitur ini juga memudahkan pengguna dalam mengevaluasi pengeluarannya, sehingga bisa mengukur seberapa parah borosnya dalam membelanjakan uang. “Kebiasaan konsumsi Fintamin A secara berkala bakal membuat pengguna aplikasi Jago menjadi lebih disiplin dan konsisten,” katanya.

Selanjutnya, Fintamin B: Buat rincian kebutuhan Fintamin B membantu merinci anggaran sesuai kebutuhan untuk menekan rasa cemas berlebihan. Fitur Jago yang relevan dengan Fintamin B ini adalah Plan Ahead, atau auto payment sejenis.

"Anjuran pemakaian: 1 x saat tanggal muda. Jadi, setiap gajian, pengguna langsung mengalokasi atau bahkan mengunci dana untuk pemenuhan kebutuhan yang menjadi prioritas. Seperti bayar angsuran rumah, kartu kredit, listrik atau bujet untuk menikmati hidup," ungkapnya.

Kemudian, Fintamin C: Cek pengeluaran sesuai rencana. Fintamin C berkhasiat menjaga pertahanan dengan memastikan pengeluaran sesuai anggaran agar tidak kebablasan. Jika dikonsumsi secara rutin, kondisi keuangan akan lebih stabil.

Fintamin D: Disiplin menabung dan investasi. Fintamin D memperkuat sistem imun finansial dengan menyisihkan dana secara rutin untuk masa depan yang lebih baik. Andy menjelaskan fitur Kantong Jago akan sangat membantu pengguna untuk disiplin dalam berinvestasi. Philip menyarankan Fintamin D dikonsumsi sejak dini dan konsisten. Menurutnya, investasi tidak perlu menunggu dananya terkumpul dulu.

Lalu, Fintamin E: Eksplor cadangan masa depan. Fintamin E membantu menemukan cuan, keahlian dan inspirasi uang tambahan lainnya. "Anjuran pemakaian: Aman dikonsumsi seumur hidup," katanya.

Fintamin K: Kolaborasi. Andy menjelaskan fitur Kantong Bersama membuat konsumsi Fintamin K menjadi lebih menyenangkan. Kantong bersama bisa digunakan untuk berbagai tujuan dengan melibatkan orang lain, sehingga proses mencapai tujuan menjadi lebih ringan, lebih cepat dan menyenangkan.

Sementara itu, Survei Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) per 25 Juni 2020 menunjukkan sebagian besar penduduk Indonesia, meskipun gemar menabung namun tidak memiliki ketahanan finansial, sehingga tidak siap menghadapi krisis ekonomi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0120 seconds (0.1#10.140)