4 Sosok Calon Pimpinan Nusantara: Nomor 1 Dekat dengan Jokowi, Nomor 4 Eks Jurnalis

Selasa, 18 Januari 2022 - 17:19 WIB
loading...
4 Sosok Calon Pimpinan Nusantara: Nomor 1 Dekat dengan Jokowi, Nomor 4 Eks Jurnalis
Ada empat sosok yang menjadi calon pemimpin di Nusantara, ibu kota negara baru. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ada empat nama yang diisukan menjadi calon pimpinan atau kepala otorita ibu kota negara ( IKN ) baru di Kalimantan Timur. Keempat nama itu adalah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang kini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Baca juga: Namanya Mencuat Pimpin IKN Baru, Ahok: Itu Hak Prerogatif Presiden

Lalu, Mantan Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Tumiyana, eks Menristek Bambang Brodjonegoro, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas.

Nama-nama tersebut sempat disinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Hanya saja, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengaku nama-nama calon kepala otorita IKN belum secara resmi diumumkan Presiden.

Suharso mengakui hingga saat ini dirinya belum mengetahui siapa saja calon pemimpin Nusantara itu, nama baru ibu kota negara. Hanya Presiden yang tahu persis sosok pemimpin di Nusantara.

"Mengenai siapa yang akan ditunjuk, bisa ditanyakan Presiden, ada di kantongnya beliau. Saya tidak tahu, tetapi tentu pasti pilihannya tepat untuk itu," ujar Suharso dalam konferensi pers di DPR, Selasa (18/1/2022).



MNC Portal Indonesia kemudian merangkum profil singkat keempat nama yang diisukan masuk dalam bursa calon kepala otorita IKN baru.

1. Ahok

Lahir pada tanggal 29 Juni 1966. Berdomisili di Jakarta, Indonesia. Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat ini menjabat Komisaris Utama Pertamina sejak 22 November 2019 berdasarkan Keputusan Menteri BUMN.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0966 seconds (10.101#12.26)